MTsN1 Bandar Lampung
17 Januari 2020 Pangkalan Raden Imba Kesuma

Sosialisasi Wakaf Tunai MTsN 1 Bandar Lampung Oleh BWI Lampung

Balam, MTsN 1 (Inmas) — Rabu, 18 September 2019 MTsN 1 Bandar Lampung mendapat soaialisasi wakaf uang. Bertempat di aula madrasah, acara ini dihadiri oleh seluruh siswa dan guru. Kepala madrasah, Hikmat Tutasry menyempaikan bahwa wakaf akan dilakukan setiap hari jumat. Selain itu akan disediakan kotak dan celengan.

Narasumber acara sosialisasi wakaf uang yakni pengurus BWI Lampung, Evi Sofwati dan Dian. Untuk perkenalan, Sebelum narasumber sosialisasi, narasumber mengetes dengan memanggil siswa yang tau arti wakaf untuk maju kedepan. Ternyata, sebagian besar siswa sudah tau apa itu wakaf. Selain itu, narasumber juga meminta perwakilan siswa yang dapat dipilih menjadi duta wakaf untuk mengajak dan menjadi contoh teman, keluarga dan lainnya untuk berwakaf.

Dalam acara ini juga narasumber mensosialisasikan secara lebih rinci mengenai wakaf, baik tujuan, tahapan wakaf, dan peruntukan wakaf sendiri terutama wakaf uang. Wakaf adalah memberikan sebagian hartanya dalam jangka waktu tertentu atau selamanya untuk ibadah dan kesejahteraan umum. Yang bisa diberikan untuk wakaf antara lain benda bergerak, tanah, kebun, uang dll. Namun yang palingefisien adalah uang karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan., tutur Evi.

Evi Sofwati menyampaikan asal mula sejarah wakaf yaitu di zaman Rasulullah. Selain itu, macam-macam wakaf yaitu benda bergerak dan tidak bergerak, wakaf kebun, tanah, dan uang. Wakaf tunai atau uang pertama kali pada abad ke 2 H. Berwakaf tidak mesti menunggu kita harus kaya dulu, sukses dulu, tua dulu karena seikhlasnya dan jumlah yang tidak ditentukan. Amal dan pahala dari wakaf akan tetap mengalir dan abadi karena pemanfaatannya untuk kepentingan khalayak banyak.

Wakaf yg sudah yang kita lakukan dikumpulkan dan akan diserahkan kepada Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU). Peruntukannya untuk berbagai kepentingan bersama, peningkatan kesejahteraanpara siswa dan pengajar madrasah dan untuk bantuan kepada yang membutuhkan. (SIA/ijal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *