MTsN1 Bandar Lampung
25 Februari 2020

Belajar Bareng Marketa*)

*) Marketa adalah salah seorang mahasiswa pertukaran dari Republik Ceko.

Hari ini adalah hari yang lumayan berat bagi Marketa, betapa tidak dia harus mengajar 8 jam. Selain Marketa hadir di kelas 9C, 9A, 8A dan 7A. Salah satu kegiatan yang dia lakukan adalah mereview pelajaran sebelumnya dengan memberikan game.

Game yang dia terapkan pada hari ini adalah pengembangan kosakata. Langkah-langkah kegiatannya meliputi mempersiapkan siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Langkah berikutnya adalah membuat kolom di papan tulis berisi nomor kelompok dan jumlah kata.

Selanjutnya Marketa memberikan instruksi huruf yang akan dijadikan huruf pertama. Dia menyebutkan huruf P, lalu siswa mencari kata-kata yang berawalan dengan huruf P, putaran berikutnya adalah huruf B dan terakhir putaran terakhir huruf E.

Setelah setiap putaran siswa diminta menyebutkan jumlah kata yang diperoleh setiap kelompok. Lalu ia berkeliling mengecek kebenaran ejaan dan arti dari setiap kata yang mereka tulis.

Pada akhir sesi perolehan kata dari setiap kelompok dijumlahkan, 3 kelompok dengan jumlah kata terbanyak mendapatkan hadiah berupa permen dari Republik Ceko, rasanya mirip dengan permen hexos.

Belajar Bareng Marketa

Setelah beristirahat Marketa kembali ke kelas, kali ini adalah kelas 9A, karena ini adalah kali pertama ia masuk ke 9A, ia menyajikan materi pengenalan tentang Republik Ceko, antara lain informasi dasar, seperti luas negara, bentuk pemerintahan, jumlah penduduk, agama, bahasa, dll.

Sesi ditutup dengan meminta siswa menyebutkan 5 kalimat tentang pemahaman mereka tentang negara Republik Ceko. Misalnya;

Republic Ceko was formed in January 1, 1993.

Sesi berikutnya adalah kelas 8A, disini Marketa mereview tentang pemahaman siswa tentang Republik Ceko, ia menggunakan Aplikasi Kahoot!, hanya saja dilakukan secara manual. Pertimbangannya adalah tidak semua siswa memiliki Gawai dengan kuota internet yang memadai.