MTsN1 Bandar Lampung
6 Maret 2020

Jumat berkah 20200306

MTsN 1 Bandar Lampung kembali akan menyelenggarakan kegiatan jumat berkah, kegiatan ini diwujudkan dengan ajang sarapan sehat bersama dan bingkisan sembako bagi para siswa yang berhak.

Bertindak sebagai leading sector kegiatan ini adalah OSIS MTsN 1 Bandar Lampung. Tunah, SE selaku pembina OSIS menyatakan, “Kegiatan ini digelar secara rutin setiap bulan. Donatur berasal dari seluruh stake holder madrasah dan pihak lain yang tidak mengikat.”

“Rangkaian kegiatan ini meliputi Sambutan kepala madrasah, penyampaian materi tentang jajanan sehat dan do’a, lalu dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan sembako bagi yang berhak”, tambahnya.

Ardiansyah Th. Kahuripan, M.Si., APt menyampaikan edukasi tentang jajanan sehat diantara ciri jajanan sehat adalah tidak mengandung cemaran fisik, zat pewarna, zat perasa dan pengawet.

Teknis pelaksanaan kegiatan ini adalah;

  1. Siswa/dewan guru menyerahkan donasi berupa uang tunai, sembako dan makanan sehat.
  2. Panitia/OSIS menerima donasi tersebut lalu disusun/ditata berdasarkan kategori.
  3. Donasi berupa uang tunai dibelikan air minum dalam kemasan atau bahan makanan untuk dimasak seperti kacang hijau, kelapa dan gula merah/putih, lalu panitia mengolahnya menjadi bubur kacang hijau.
  4. Donasi berupa bahan makanan/sembako dikemas sesuai dengan jumlah calon penerima.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim, S.Pd. MM, menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun rasa empati dan kecerdasan sosial.

Selain ini ia juga menyatakan bahwa kegiatan merupakan wadah bagi siswa untuk menunjukkan keterampilan rumah tangga, harapannya makanan ringan yang dibuat merupakan karya dari siswa dengan berkoordinasi dengan wali kelas.