MEMBENTUK KARAKTER ANAK VIA DARING DI MASA PANDEMI COVID -19

OLEH : RIZKA WENNY, S.Pd.

Lingkungan Pendidikan sangatlah membentuk karakter seseorang anak. Karakter anak tidak dapat di bentuk dengan cara mudah. Realitanya di dalam kehidupan sehari-hari masih banyak ditemukan anak yang cerdas tetapi kurang memiliki moral yang baik.

Pendidikan karakter yang kita ketahui yaitu nilai-nilai yang baik yang ada dalam diri perilaku seseorang. Ciri khas yang kita ketahui pada anak biasanya akan menonjol dengan sendirinya, namun akan lebih baik apabila diiringi dengan adanya pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang di berikan orang tua terhadap anak, biasanya dari segi aturan yang telah berlaku atau yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada keluarga. Hal tersebut dikarenakan pendidikan yang di berikan orang tua kepada anaknya sangat lah mempengaruhi seseorang anak untuk bergaul ke lingkungan dimana dia berada. Dalam memulai pendidikan karakter yang positif, bisa dimulai dengan cara mengajarkan pada anak, bagaimana cara menghormati orang yang lebih tua, saling menyayangi sesama keluarga, bersikap terbuka, membiasakan berbicara yang sopan dan santun kepada yang lebih tua, dan masih banyak lagi.

Setelah anak mendapat pendidikan karakter dari  keluarga biasanya anak menjalani pendidikan yang di berikan di lingkungan sekolah nya.  Berhubung sekarang Indonesia sedang  dilanda pandemi Covid-19 dan mengharuskan, pembelajaran anak sekolah di lakukan melalui via daring, yang tentunya melibatkan peran orang tua agar dapat memantau anaknya dalam belajar. Terkadang jika anak kita kurang dapat pengawasan dari orang tua terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, anak biasanya kurang mendapatkan kontrol yang baik, sehingga lebih mengutamakan bermain game dibanding belajar. Oleh karna itu saya menghimbau, peranan orang tua di masa pandemi Covid-19 dalam membantu anak kita dalam belajar dengan baik sehingga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat. Seperti yang kita ketahui, anak pada rentang usia 10 sampai 15 tahun mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar, sehinnga dapat menemukan bahasa-bahasa  yang kurang baik untuk di ucapkan dan seharusnya tidak untuk ditiru. Sehingga timbul lah tingkah lalu yang tidak kita inginkan dalam kehidupan sehari hari.

Oleh karena itu, lingkungan sekolah memberikan peranan dalam pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19 dimulai dari hal-hal kecil seperti, setiap memulai pelajaran guru membiasakan siswa-siswi untuk berdoa terlebih dahulu, melatih kedisiplinan anak dengan rutin mengabsen di waktu yang telah ditentukan, dan bertanggung jawab dalam pengumpulan tugas yang diberikan oleh gurunya. Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa sekarang di lingkungan sekolah sudah ada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dimana guru yang mengajar melatih siswa-siswinya bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat pada pancasila. Sesuai dengan sekolah kami Mts N 1 Bandar Lampung yang berupaya menanamkan nilai-nilai karakter berupa

  1. Aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan kondusif
  2. Keimanan dan ketakwaan
  3. Sikap jujur dan adil
  4. Rasa hormat dan tanggung jawab
  5. Cerdas
  6. Sikap kritis dalam berfikir

Dengan memberikan karakter yang baik pada anak sejak dini sehingga perlahan akan membentuk karakter anak lebih baik lagi, seperti pepatah mengatakan “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.