Bersyukur agar bahagia

Di masa pandemi sekarang banyak dari kita berkeluh kesah atas apa yg dialami, sebenarnya ada juga hal- hal yang patut kita syukuri dari keadaan ini.
Saya pribadi biasanya setiap pagi selalu saja seperti dikejar – kejar waktu karena harus finger untuk absen dan juga harus mempersiapkan anak-anak untuk berangkat kesekolah, tapi sekarang kita diberi kemudahan untuk absen melalui e-learning.
Sebagai seorang ibu yang ingin melihat tumbuh kembang buah hatinya setiap hari, mungkin akan agak sulit bagi kita selaku ibu pekerja, saya sendiri sengaja memilihkan sekolah yang full day untuk anak-anak karena tidak memiliki waktu yang banyak untuk membersamai mereka, tapi dimasa pandemi ini kita diberi banyak waktu untuk dapat bersama mereka, menemani mereka belajar, bermain dan banyak hal yang dapat kita lakukan bersama. Patutlah kita bersyukur atas itu semua.
Begitu pula halnya terkadang kita ingin selalu memanjakan lidah keluarga kita dengan masakan kita, agak sulit bagi kita yang harus bekerja dari pagi hingga petang, sehingga biasanya kita sudah lelah dan memutuskan untuk membeli dibandingkan memasak, tetapi disaat pandemi ini kita bisa memberikan menu-menu terbaik dan mencoba resep-resep baru setiap harinya. Apakah hal itu tidak patut untuk kita syukuri?
Banyak ilmu yang kita dapat dari masa pandemi ini, kita bisa membuat bahan ajar secara virtual yg bisa digunakan kapan saja dan masih banyak hal-hal lain yang patut kita syukuri.
Dan ingatlah janji Allah kepada hambaNYA yang bersyukur terdapat dalam QS: Ibrahim, ayat7 yang artinya:
Dan ingatlah ketika Tuhan mu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari(nikmatKu) maka pasti azabku sangat pedih.
Jadi untuk itu dari pada kita berkeluh kesah atas apa yang sedang kita alami ada baiknya kita lebih banyak bersyukur agar lelah dan susah kita menjadi bahagia. Dan ingatlah segala sesuatu yang terjadi semua atas izin Allah.
Mulai sekarang kita belajar bersyukur agar bahagia, jangan menunggu bahagia baru bersyukur.
Semoga kita semua termasuk kedalam hambaNya yang senantiasa bersyukur sehingga akan merasakan nikmat yang tiada berhingga, dan semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari virus covid 19, serta semoga dengan banyak bersyukur pandemi ini akan segera berakhir aamiin.
Anita Matlian
Mohonmaafapabilamasihbanyakkesalahanmasihbelajar.