Berita

MTsN 1 Bandar Lampung Mengikuti AKMI Kemenag 2021

Sebanyak 369 siswa kelas 8 MTsN 1 Bandar Lampung mengikuti kegiatan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Kegiatan AKMI berlangsung selama 2 hari Senin, 27 dan Selasa, 28 September 2021. Pada hari pertama dengan jadwal literasi membaca dan literasi sains, sedangkan pada hari ke dua literasi Literasi Numerasi, Literasi Sos-Bud dan Survei Karakter.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung menugaskan 11 orang petugas untuk melaksanakan pemantauan kegiatan tersebut. Pengawasan kegiatan dilakukan di Laboratorium Komputer MTsN 1 Bandar Lampung. Siswa mengerjakan literasi membaca dan literasi sains. Alokasi waktu pengerjaan literasi membaca dan literasi sains masing-masing 75 menit.

Sampai dengan pukul 14:10 WIB sebanyak 197 siswa telah menyelesaikan AKMI 2021.

dan