MTsN 1 Bandar Lampung; Bimtek EDM dan E-RKAM

Bandar Lampung – 21 Agustus 2024, Dalam upaya meningkatkan kualitas manajemen pendidikan, MTsN 1 Bandar Lampung, Kepala Madrasah Hartawan, S.Pd.I, MM, menugaskan beberapa orang untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik-Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (E-RKAM). Kegiatan ini dihadiri oleh Waka Humas Herman Edy, Waka Sarpras Tugiyo, Waka Kurikulum Susi Anita, serta operator Mayona, Rudi, dan Eko. Tidak ketinggalan, dua orang guru Tunah dan Winarno juga turut hadir dalam kegiatan ini. Bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Dimas Fatullah Yusuf.

EDM merupakan proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan di madrasah yang berfokus pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dengan adanya EDM, madrasah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada, serta menentukan program atau kegiatan prioritas yang akan dimasukkan dalam RKAM.

Platform e-RKAM, yang dikembangkan oleh Kementerian Agama, merupakan inovasi penting dalam manajemen pendidikan madrasah. Melalui aplikasi ini, pengelola madrasah dapat menyusun rencana kerja dan anggaran berdasarkan kebutuhan nyata, bukan sekadar keinginan. Diharapkan dengan adanya e-RKAM dan EDM, pengelolaan dana pendidikan, termasuk dana BOS, dapat dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) memberikan beberapa manfaat penting bagi para guru:

  1. Peningkatan Strategi Pembelajaran: EDM membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam praktik pendidikan saat ini, sehingga mereka dapat memperbaiki metode pengajaran dan menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa.
  2. Pengembangan Profesional yang Terarah: Melalui EDM, area di mana guru membutuhkan pelatihan atau pengembangan lebih lanjut dapat diidentifikasi, memastikan bahwa mereka mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk berkembang dalam profesinya.
  3. Peningkatan Kolaborasi: Proses EDM sering melibatkan kerja sama antar guru untuk menilai kinerja sekolah. Ini dapat meningkatkan pendekatan pengajaran yang lebih seragam dan komunikasi yang lebih baik di antara staf pengajar.
  4. Fokus pada Hasil Belajar Siswa: Dengan menyelaraskan praktik pengajaran dengan tujuan perbaikan sekolah yang diidentifikasi melalui EDM, guru dapat lebih fokus pada peningkatan hasil belajar siswa.
  5. Alokasi Sumber Daya yang Tepat: EDM membantu dalam memprioritaskan alokasi sumber daya berdasarkan kebutuhan yang sebenarnya, memastikan bahwa guru memiliki alat dan bahan yang diperlukan untuk meningkatkan pengajaran di kelas.
  6. Pengakuan atas Usaha Guru: EDM memungkinkan guru untuk melihat dampak dari usaha mereka terhadap kualitas pendidikan di sekolah, yang dapat menjadi motivasi dan meningkatkan kepuasan kerja.

Secara keseluruhan, EDM mendorong budaya perbaikan berkelanjutan, di mana guru diberdayakan untuk berkontribusi aktif dalam peningkatan sekolah mereka.

Elektronik-Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (E-RKAM) memberikan berbagai manfaat yang signifikan, terutama dalam pengelolaan keuangan dan perencanaan di madrasah. Berikut beberapa manfaat utama E-RKAM:

  1. Pengelolaan Anggaran yang Transparan dan Akuntabel: E-RKAM memungkinkan pengelolaan dana madrasah, termasuk dana BOS, dilakukan secara lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Semua kegiatan dan pengeluaran tercatat dengan baik dalam sistem, sehingga mudah untuk diaudit.
  2. Efisiensi dan Kemudahan Perencanaan: Dengan E-RKAM, proses perencanaan kegiatan dan anggaran menjadi lebih efisien. Pengelola madrasah dapat membuat perencanaan yang lebih terstruktur dan berbasis kebutuhan (need assessment), bukan sekadar keinginan.
  3. Pengurangan Beban Administratif: E-RKAM mengurangi beban administrasi dalam pembuatan laporan dan dokumen keuangan. Guru dan staf madrasah tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk membuat laporan secara manual, sehingga dapat lebih fokus pada tugas utama, yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran.
  4. Mendukung Pengambilan Keputusan yang Tepat: Dengan data yang tersimpan secara digital dan terintegrasi, E-RKAM menyediakan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam perencanaan dan pengelolaan anggaran.
  5. Pemantauan dan Evaluasi yang Lebih Baik: E-RKAM memungkinkan pemantauan penggunaan anggaran secara real-time, sehingga pihak madrasah dapat melakukan evaluasi berkala dan mengambil langkah perbaikan jika diperlukan.
  6. Keselarasan dengan Kebijakan Pemerintah: E-RKAM dirancang untuk selaras dengan kebijakan pemerintah terkait pengelolaan anggaran pendidikan. Ini memastikan bahwa madrasah mengikuti prosedur dan standar yang ditetapkan, mengurangi risiko ketidaksesuaian dalam pelaporan.

Secara keseluruhan, E-RKAM membantu madrasah mengelola anggaran secara lebih efektif dan efisien, serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan dengan alokasi sumber daya yang lebih tepat sasaran.

Kegiatan Bimtek ini berlangsung di ruang kelas 8K, Kepala Madrasah, Hartawan berharap, “Melalui kegiatan ini, MTsN 1 Bandar Lampung berharap dapat terus meningkatkan kualitas manajemen dan tata kelola pendidikan, sehingga dapat menciptakan madrasah yang lebih baik dan berdaya saing tinggi.”