MTsN1 Bandar Lampung
19 Juli 2020

Kompetensi Dasar dan Materi IPA Kelas 9

IPA FISIKA

  • Materi : Listrik statis 1, klik disini
  • Materi : Listrik statis 2,klik disini
  • Materi : Listrik statis 3, klik disini (pertemuan 10 Agustus 2020)
  • Materi : Listrik statis 4, klik disini
  • Video listrik statis, klik disini
  • Ujian CBT disini login elearning –>pilih cbt jadi tidak memakai token (14 september 2020)
  • Materi : Reproduksi secara vegetatif disini (21 september 2020)
  • Listrik dinamis 5 disini ( 2 nov 2020)

IPA BIOLOGI

  • Materi : Sistem reproduksi manusia, klik disini (24 Agustus 2020)
  • Materi : Reproduksi generatif pada tumbuhan, klik disini
  • Materi : Reproduksi vegetatif pada tumbuhan, klik disini
  • Materi : Mitosis dan meosis, klik disini, video klik disini
  • reproduksi generatif pada tumbuhan disini (7 september 2020)
  • Materi : PEWARISAN SIFAT (MONOHIBRID) disini ( 5 Oktober 2020)
  • Materi persilangan di hibrid disini (9 nov 2020)
KOMPETENSI INTI 3 
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 
(KETRAMPILAN)
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi. Materi 1, 2, 34.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan Materi 4, 54.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan.
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup.4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan.
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik.4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik.4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik.
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi.4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik.
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia.4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar.
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia.4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan.4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan.
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan.4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan.
#materikelasipa#materikelasipa