Kompetensi Dasar Prakarya Kelas 7

Materi

  • buku disini
  • Jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil , Materi klik disini
  • teknologi konstruksi miniatur rumah , klik disini (pertemuan 2 Agustus 2020)
  • Latihan Prakarya disini (pertemuan 10 Agustus 2020)
  • Budidaya tanaman sayuran disini (24 Agustus 2020)
  • Ujian CBT disini
  • Mengerjakan buku siswa halaman 126 disini (pilih buku siswa prakarya semester 1)
  • Mengerjakan LK 2 hal 128 dan memahami materi hal 129 mencatat hal 2 yg penting disini (buku prakarya semester 1) 14 september 2020
  • Materinya : B.sarana produksi dan tahapan budidaya tanaman sayur(hal 131-136) buat rangkuman.setelah di baca dan di fahami kalian praktikan cara budidaya tanaman sayuran.tanaman sayur apa saja yang mudah di cari dan di budidaya medianya bisa menggunakan tanah,air atau arang sekam.catat perkembangan tanamanya setiap hari.Selamat belajar dan mencoba tetap semangat (21 september 2020) buku disini
  • Ujian CBT disini (28 september 2020) –> silahkan login di elearning –> tidak pakai token
  • Materi : melanjutkan materi tahapan budidaya tanaman sayur hal 137-141 baca dan pahami lalu catat di buku catatan.untuk untuk yang sudah melaksanakn penanaman sayuran mohon di catat perkembanganya setiap hari di latihan. buku disini
  • tugas prakarya kelas 7 pdf buka halaman 146-148.tugasnya menanam sayuran perorangan tidak berkelompok (2 nov 2020) buku disini
  • merangkum bab 5 hal 170-175. bahan disini (9 nov 2020)
  • Materi prakarya Melanjutkan merangkum hal 176-180 ( 16 nov 2020)

KERAJINAN

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil , Materi klik disini4.1     Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain)
3.2     Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif4.2     Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain)
3.3     Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran4.3     Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan kertas/plastik lembaran yang sesuai dengan potensi daerah setempat
3.4     Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif4.4     Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas/plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat

REKAYASA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami wawasan teknologi, perkembangan teknologi, keselamatan kerja, sketsa, dan gambar teknik 4.1    Membuat sketsa dan gambar teknik dari suatu rancangan produk    
3.2     Memahami jenis, karakteristik, kekuatan bahan, serta peralatan kerja pengolahnya4.2     Membuat produk sederhana menggunakan peralatan kerja sesuai dengan jenis, karakteristik, dan kekuatan bahan
3.3     Memahami jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi4.3     Memanipulasi jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi
3.4     Memahami sistem, jenis, serta karakteristik persambungan dan penguatan pada konstruksi4.4     Membuat produk teknologi konstruksi dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar

BUDIDAYA

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan  sesuai kebutuhan wilayah setempat4.1     Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah
3.2     Memahami tahapan budidaya tanaman sayuran4.2     Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman sayuran
3.3     Memahami komoditas tanaman obat  yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat4.3     Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah
3.4     Memahami  tahapan budidaya tanaman obat 4.4     Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman obat

PENGOLAHAN

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan  minuman segar yang ada di wilayah setempat4.1     Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman  sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
3.2     Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat4.2     Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar  menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
3.3     Memahami  rancangan pengolahan , penyajian dan pengemasan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan atau  minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat4.3     Mengolah, menyaji, dan mengemasbahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat
3.4     Memahami rancangan pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempatwilayah setempat menjadi produk pangan4.4     Pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat