- Materi Bab 1 : Video disini, power point disini, kirim rangkuman klik disini, rekaman klik disini
- Materi 2 : Hadats, disini, pengumpulan tugas disini atau disini
- Tugas pertemuan tanggal 4 Agustus 2020 klik disini
- Ulangan harian klik disini (Tanggal 11 Agustus 2020)
- latihan disini (25 agustus 2020)
- adzan dan iqamah disini tugas disini (15 september 2020)
- shalat berjamaah disini (22 september 2020)
- gua hira disini, latihan fikih disini ( 29 september 2020)
- evaluasi disini (6 oktober 2020)
Ganjil
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. | 1. Menghayati anugerah Allah berupa air dan benda-benda lain yang dapat digunakan sebagai alat bersuci 2. Menerima pentingnya bersuci dari hadats dan najis sebagai salah satu sarat ibadah 3. Mengamalkan shalat fardlu lima waktu pada waktunya sebagai pokok pikiran Islam 4. Mengamalkan shalat berjamaah sebagai bukti ketaatan pada ajaran Islam 5. Mengamalkan dzikir dan doa sebagai bukti ketaatan pada ajaran Islam |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 2.1Menjalankan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tentang alat-alat bersuci 2.2 Menjalankan perilaku bersih sebagai implementasi dari penerapan tentang tata cara bersuci. 2.3 Menjalankan perilaku santun dan optimis sebagai implementasi dari pemahaman tentang dzikir dan doa setelah shalat 2.4 Mengomunikasikan hasil analisis tentang shalat sunnah mu’akkad dan shalat sunnah ghairu mu’akkad 2.5 Menjalankan perilaku santun dan optimis sebagai implementasi dari pemahaman tentang dzikir dan doa setelah shalat |
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual dan procedural) dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.1 Memahami alat-alat bersuci dari najis dan hadats 3.2 Menerapkan tata cara bersuci dari hadats dan najis 3.3 Menerapkan tata cara bersuci dari hadats dan najis 3.4 Menganalisis ketentuan shalat berjamaah 3.5 Menganalisis keutamaan berdzikir dan berdoa setelah shalat |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 Mengomunikasikan penggunaan alat-alat bersuci dari najis dan hadats 4.2 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadats dan najis 4.3 Mengomunikasikan hasil analisis tata cara shalat fardlu lima waktu 4.4 Mengomunikasikan hasil analisis tentang tata cara shalat berjamaah 4.5 Mengomunikasikan hasil analisis tentang keutamaan berdzikir dan berdoa setelah shalat |
Genap
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. | Mengamalkan shalat Jum’at sebagai bukti ketaatan pada ajaran IslamMenjalankan shalat jama’ dan qashar ketika ada sebab yang membolehkan sebagai rasa syukur atas kemurahan AllahMengamalkan shalat dalam berbagai keadaan darurat ketika ada sebab yang membolehkanMenjalankan shalat sunah sebagai bukti ketaatan pada ajaran Islam |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 2.6 Menjalankan sikap tanggung jawab sebagai implementasi dari pengetahuan tentang ketentuan shalat Jum’at 2.7 Menjalankan sikap tanggung jawab dan istikamah sebagai implementasi dari pengetahuan tentang ketentuan shalat jama’ dan qashar 2.8 Menjalankan sikap tanggung jawab dan istikamah sebagai implementasi dari pemahaman tentang tata cara shalat wajib dalam berbagai keadaan tertentu 2.9 Menjalankan sikap percaya diri sebagai implementasi dari pengetahuan tentang sunnah mu’akkad dan shalat sunah ghairu mu ‘akkad |
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual dan procedural) dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.6 Menganalisis ketentuan shalat Jum’at 3.7 Menganalisis ketentuan shalat jama’ dan qashar 3.8 Memahami ketentuan shalat dalam berbagai keadaan tertentu 3.9 Menganalisis shalat sunnah mu’akkad dan shalat sunnah ghairu mu’akkad |
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.6 Menganalisis shalat sunnah mu’akkad dan shalat sunnah ghairu mu’akkad 4.7 Mengomunikasikan hasil analisis tentang shalat jama dan qashar 4.8 Memperagakan tata cara shalat dalam keadaan tertentu 4.9 Mengomunikasikan hasil analisis tentang shalat sunnah mu’akkad dan shalat sunnah ghairu mu’akkad |