Arah kebijakan dan Strategi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung diarahkan untuk dapat menjawab arah dan kebijakan madrasah Tsawiyah Negeri 1 Bandar Lampung yang meliputi pencapaian visi,misi dan agenda prioritas MTsN 1 Bandar Lampung sebagaimana yang dinyatakan dalam Renstra MTsN 1 Bandar Lampung 2014 – 2018. Arah kebijakan dan strategi MTsN 1 Bandar Lampung diharapkan dapat menjawab visi misi MTsN 1 Bandar Lampung, program prioritas MTsN 1 Bandar Lampung dan berbagai standar nasional pendidikan Arah Kebijakan dan Strategi MTsN 1 bandar Lampung adalah sebagai berikut :
- Madrasah mengimplementasikan kurikulum 2013 dan KMA 183 dan 184 tahun 2019, disini, disini
- Melaksanakan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan melalui Diklat, workshop dan pembinaan, disini
- Melaksanakan pengembangan profesionalitas guru melalui Diklat, workshop, pembinaan, dan MGMP., disini
- Melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
- Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran melalui diklat, workshop, pembinaan, dan MGMP.
- Melaksanakan pengembangan strategi penilaian melalui diklat, workshop, pembinaan, dan MGMP.
- Melaksanakan pengembangan bahan ajar/ sumber pembelajaran berbasis IT.
- Mewujudkan lingkungan madrasah yang bersih dan sehat
- Mewujudkan kelas yang berbasis IT
- Mengembangkan perpustakan yang berbasis IT
- Mewujudkan laboratorium MIPA, IPS, dan Bahasa
- Mewujudkan penambahan 1 bangunan gedung berlantai 3 ( lantai 1 untuk perkantoran, lantai 2 untuk pembelajaran dan lantai 3 aula).
- Mewujudkan penyelesaian bangunan asrama kelas khusus pada tingkat kedua
- Meningkatkan prestasi UAMBN, UN dan dapat di terima di madrasah/ madrasah favorit
- Meningkatkan prestasi kompetisi sains madrasah (KSM) dan ajang kreasi seni dan olahraga madrasah (AKSIOMA) tingkat provinsi dan nasional.
- Meningkatkan prestasi hafalan alqur’an, hadits dan doa sehari-hari
- Melaksanakan sistem administrasi kesiswaan berbasis IT
- Meningkatkan prestasi penggunakan empat bahasa
- Menghasilkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan
- Menghasilkan kemampuan olahraga yang tangguh dan kompetetif
- Menghasilkan kemampuan seni yang tangguh dan kompetitif
- Menghasilkan kemampuan KIR yang cerdas dan kompetitif
- Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik lainnya
- Menyusun RKM dan RKAM
- Mengadakan kelengkapan administrasi madrasah melalui sistem administrasi madrasah berbasis IT
- Melaksanakan manajemen berbasis madrasah (MBM)
- Melaksanakan monitoring dan evaluasi
- Melaksanakan supervisi
- Meningkatkan usaha penghasilan madrasah, dengan mengoptimalisasi madrasah
- Melaksanakan program subsidi silang dengan memperhatikan kaum dhu’afa dan siswa berprestasi
- Pendayagunaan dana BOS dan komite
- Pendaya gunaan uang infak dan zakat
- Melaksanakan pengembangan sistem penilaian
- Melaksanakan pengembangan perangkat atau model penilaian
- Melaksanakan program evaluasi pembelajaran bersama
- Melaksanakan system administrasi akademik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Melaksanakan layanan khusus bagi semua siswa
- Melaksanakan bimbingan belajar, klinik belajar, try out dan latihan ujian nasional untuk meningkatkan prestasi bidang akademik di tingka provinsi dan nasional.
- Mengadakan kegiatan bimbingan motivasi belajar dengan mengundang motivator.
- Mengadakan bimbingan dan pembinaan bidang non akademik untuk meningkatkan prestasi tingkat provinsi dan nasional
- Penyusunan KTSP
- Penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum 2013
- Pelaksanaan In House Training (IHT) bagi seluruh guru mata pelajaran.
- Penerapan prinsip-prinsip contextual teaching learning (CTL) dalam pembelajaran.
- Penerapan (PembelajaranAktifInovatifKreatifEdukatifdanmenyenangkan- gembira dan berbobot (PAIKEM – GEMBROT).
- Pengawasan proses pembelajaran (supervisikelas).
- Memberikan kesempatan dan motivasibagi pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya melaluipendidikan dan pelatihan.
- Memberikan kesempatan dan motivasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensi melalui kelanjutan studi S2 dan S3.
- Madrasah menyelenggarakan kursus/pelatihan bahasaArab dan Inggrisbagi tenagapendidikdankependidikan.
- Madrasah menyelenggarakan kursus/pelatihan untuk meningkatkan kompetensi IT bagi tenaga pendidik dan kependidikan.
- Mengajukan proposal kepada pemerintah (kementerian agama) untuk merealisasikan
- penambahan 1 bangunan gedung berlantai 3 ( lantai 1 untuk perkantoran, lantai 2 untuk pembelajaran dan lantai 3 aula).
- Mengajukan proposal kepada pemerintah (kementerian agama) untuk menyelesaikan bangunan asrama kelas khusus pada tingkat kedua
- Mengajukan proposal kepada pemerintah (kementerian agama) untuk mengadakan bangunan dan fasilitas laboratorium MIPA, IPS, TIK, dan bahasa.
- Mengajukan proposal kepada pemerintah (kementerian agama) untuk pengadaan prasaranakelasberbasis TIK.
- Mengajukan proposal kepada pemerintah (kementerian agama) untuk pengadaan Perpustakaanberbasis IT
- Pemenuhan kelas berbasis lingkungan yang bersih, sejuk dan nyaman.
- Pemenuhan kelengkapan administrasi madrasah melalui sistem informasi manajemen.
- Meningkatkan pelaksanaan Menejemen Berbasis Madrasah.
- Meningkatkan pelaksanaan supervisi
- Meningkatkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi.
- Meningkatkan pemberdayaan dana bos dan komite madrasah
- Meningkatkan usaha penghasilan madrasah, dengan mengoptimalisasi madrasah
- Melaksanakan program subsidi silang dengan memperhatikan kaum dhu’afa dan siswa berprestasi
- Pendayagunaan uang infak dan zakat
- Melaksanakan pengembangan system penilaian yang terbuka.
- Melaksanakan Pengembangan Perangkat / Model-Model Penilaian sesuai dengan juknis penilaian yang berlaku secara nasional maupun internasional.
- Melaksanakan program evaluasi pembelajaran.