MONITORING PELAKSANAAN UJIAN MADRASAH (UM) MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

MTs Negeri 1 Bandar Lampung ( Humas ) – Selasa, 30 Maret 2021 merupakan hari pertama pelaksaan Ujian Madrasah (UM) di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Bidang studi yang diujikan pada hari pertama adalah Al Quran Hadist, dan Bahasa Lampung. Seperti halnya pada setiap hari pertama pelaksanaan ujian, pada pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) di MTs Negeri 1 Bandar Lampung dijumpai beberapa masalah, antara lain: kesulitan siswa dalam memasuki aplikasi untuk mengerjakan soal UM. Siswa sulit dalam mengerjakan soal sehingga siswa kehabisan waktu ujian, dan meminta guru bidang studi untuk merestart ujian atau memperpanjang waktu pengerjaan soal ujian. Namun, guru bidang studi tidak dapat mengabulkan permintaan siswa sebelum mendapatkan persetujuan dari Ibu Siti Romlah, M. Pd. I, selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum.

Selasa pagi sekitar pukul 08.00 WIB, MTs Negeri 1 Bandar Lampung kedatangan Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah ( Kasi Penmad ) Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, H. Said Karimin, S. Ag., M. Kom. Tujuan kedatangan beliau ke MTs Negeri 1 Bandar Lampung adalah untuk memonitoring pelaksanaan UM di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Dalam kunjungannya beliau menghimbau kepada guru-guru MTs Negeri 1 Bandar lampung untuk dapat hadir di MTs Negeri 1 Bandar Lampung ketika bidang studi yang mereka ampu diujikan. Sehingga apabila ada siswa yang mengalami kesulitan terutama dalam memahami soal yang sedang diujikan, akan dengan mudah terjawab karena semua guru bidang studi yang diujikan selalu stand by di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Kepala MTs Negeri 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim, S. Pd., M. M. sangat mendukung himbauan dari Bp H. Said Karimin. Mulai hari kedua pelaksanaan UM akan mulai diberlakukan peraturan bahwa guru bidang studi wajib hadir di MTs Negeri 1 Bandar Lampung ketika bidang studi yang mereka ampu diujikan.

Semoga dengan adanya monitoring dari Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah ( KASI PENMAD ) Kementerian Agama Kota Bandar lampung dapat meningkatkan kinerja semua guru khususnya yang bidang studinya diujikan pada Ujian Madrasah ( UM ). Sehingga dapat meminimalisir masalah-masalah yang akan dihadapi. salam sehat, dan salam bahagia untuk kita. MTs Negeri 1 Bandar Lampung, Madrasahnya Para Juara.