MTsN1 Bandar Lampung
13 Maret 2020 Thank You, Marketa!!!!

Thank You, Marketa!!!!

Setelah menjadi guru kunjung pada program kelas unggul selama kurang lebih 6 pekan hari ini Jumat 13 Maret 2020 merupakan hari perpisahan dengan Marketa. Jam pertama dan kedua Marketa menyelesaikan pertemuan terakhirnya di kelas 7B, disini ia meminta siswa untuk bekerja secara berkelompok terdiri dari 4 orang, tugas setiap kelompok adalah menentukan negara impiannya.

Ia menuliskan pointer di papan tulis tentang aspek apasaja yang harus dimasukkan dalam negera impian mereka. Mereka dieri waktu bekerja selama 15 menit lalu, setiap kelompok diberi waktu untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Setiap anggota kelompok diharapkan mengambil bagian dalam presentasi.

Marketa memberikan feedback langsung kepada siswa, diakhir sesi ia meminta setiap siswa untuk memberikan kesan dan pesan atau interaksi pembelajaran yang selama ini berlangsung. Setiap siswa diminta menuliskan pesan dan pesan tersebut pada selember kertas.

Memasuki jam ke 3 Marketa berpindah ke kelas 8B, disini ia memberikan hasil pekerjaan siswa yang tela ia kerokesi yaitu tentang impian setiap siswa beserta tahapan-tahapan yang harus mereka tempuh untuk mewujudkan impian tersebut. Marketa memilih 5 karya terbaik siswa dan memberikan souvenir kepada mereka berupa barag-barang asli dari Cheko, seperti, tisu, pembatas kertas, coin coklat, dan pembatas buku.

Berikutnya adalah sesi foto bersama di depan kelas.

Lalu ia juga meminta seluruh siswa untuk memberikan pesan-kesan atas interaksi pembelajarannya dengannya selama beberapa kali pertemuan di MTsN 1 Bandar Lampung. Bel istirahat berbunyi Marketa menghampiri sides satu persatu untuk mengambil kesan dan pesan dari mereka.

Seelanjutnya Marketa menuju ke ruang laboratorium IPA, dimana ia ditempatkan selama berada di MTsN 1 Bandar Lampung, untuk menunggu acara perpisahan. Tak lama berselang bel tanda masuk berbunyi dan seluruh siswa diminta untuk menuju aula guna mengikuti acara perpisahan dengan Marketa.

Acara dibuka dengan sajian Gamolan, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim, S.Pd.MM, Dalam sambutannya kepala Madrasah menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Market di MTsN 1 Bandar Lampung. Ia mengharapkan hal ini dapat memotivasi siswa untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Arab dan Inggris secara bersungguh-sungguh karena dua bahasa ini dapat mengantarkan seseorang untuk berkeliling dunia. “Marketa sendiri bukan penutur asli Bahasa Inggris, di negaranya Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua, seperti halnya kedudukan bahasa Indonesia di sebagian besar kota di Indonesia”, tuturnya.

Selanjutnya adalah sambutan dari Marketa, ia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kehadirannya dapat diterima dengan baik hal ini dibuktikan dengan diberikannya berbagai makanan yang menurutnya sangat enak. Diakhir sambutannya Marketa menyajikan tarian khas Cheko. Dan dia mengajak audiens yang hadir untuk turut mengikuti gerakan tarian tersebut.

Selanjutnya adalah penyampaian pesan dan kesan, dan persembahan sebuah lagu oleh perwakilan kelas 7B, acara dilanjutkan dengan pemberian kenangan dari MTsN 1 Bandar Lampung berupa sehelai kain tapis karya siswa tahun pelajaran 2018-2019, 1 buah bahan Tapis dan Placard, sebagai kenang-kenangan.

Penampilan tari kipas merupakan acara penutup acara perpisahan dengan Marketa, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan makan siang.

Menurut informasi Marketa masih akan berada di Indonesia dalam beberapa minggu ke depan, ia akan menikmati wisata di Jogyakarta, Malang dan Bali, sebelum terbang kembali ke negaranya.

Terima kasih, Marketa.