Kompetensi Dasar Bahasa Lampung Kelas 9

KELAS IX SEMESTER GANJIL

  • Materi Klik disini
  • Materi teks pungo klik disini
  • pakaian pengantin adat Lampung, klik disini
  • fakta teks pungo klik disini
  • evaluasi pertemuan 5 disini (19 agustus 2020)
  • tugas disini (26 Agustus 2020)
  • ujian cbt disini (2 september 2020)
  • pengetahuan kebahasaan disini ( 10 september 2020)
  • Kegiatan siswa disini (30 september 2020)
KOMPETENSI INTIKOMPETENSI DASAR
SIKAP SPIRITUAL Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnyaMenghayati dan mensyukuri keberadaan bahsa Lampung sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
SIKAP SOSIAL Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dana lam dalam jangkauan pergaulan keberadaannya2.1 Menunjukan  prilaku Piil Pesenggiri dan proaktif dalam menggunakan bahsa Lampung 2.2 Menunjukkan Piil Pesenggiri dalam menggunakan bahsa Lampung untuk memahami warahan ,teks sesikun dan teks pisaan. 2.3 Menunjukkan prilaku Piil Pesenggiri dalam menggunakan bahasa Lampung untuk memahami teks nyambuk temui, teks kepenyimbangan dan teks drama. 2.4 Menunjukkan prilaku Piil Pesenggiri dalam menggunakan bahasa Lampung untuk memahami dan menulis aksara Lampung.
PENGETAHUAN Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata  3.1 Mengidentifikasi, menelaah dan memahami teks pungo pandai dan teks warahan sesuai kaidahnya. 3.2 Mengidentifikasi, menelaah dan memahami teks sesikun dan teks pisaan sesuai dengan kaidahnya. 3.3 Mengidentifikasi ,menelaah dan memahami teks nyambuk temui, teks kepenyimbangan dan teks drama sesuai kaidahnya. 3.4 Menelaah dan memahami menulis aksara Lampung sesuai kaidahnya.
KETERAMPILAN Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori4.1 Menafsirkan dan mengungkapkan teks pungo pandai sesuai kaidahnya 4.2 Menjelaskan teks informasi warahan dengan benar secara lisan dan tulisan. 4.3 Menafsirkan dan mengekspresikan teks sesikun sesuai kaidahnya secara lisan dan tulisan. 4.4 Menyusun dan menulis teks pisaan sesuai kaidahnya secara lisan dan tulisan. 4.5 Menafsirkan dan mengekspresikan teks nyambuk temui secara lisan dan tulisan 4.6 Menyusun, menanggapi dan memperagakan teks kepenyimbangan dan teks drama sesuai kaidahnya secara lisan dan tulisan 4.7Menanggapi dan menulis aksara lampung dengan benar sesuai kaidahnya.

Galeri video MTsN 1 Bandar Lampung klik disini

Galeri video MTsN 1 Bandar Lampung klik disini