Kompetensi Bahasa Arab Kelas 7

  1. Materi 1 ( 21 januari 2021) : Tulislah kosakata buku siswa bab 4 (unwan) halaman 81-82 fotokan dan kumpulkan (upload) di penilaian pengetahuan tugas ditunggu sd tgl 21 januari 2021 sampai pukul 18.00
  2. materi kamis 4 februari 2021 disini
  3. materi kami 11 februari 2021 disini
  4. materi 17 februari 2021 : tulislah angka dari 11 sd 100 dalam bahasa arab kumpulkan di k3 elearning
  5. materi 24 februari 2021 : tulislah mufrodat /kosakata tentang rumah dan hafalkan kosakatanya materi disini
  6. Pembahasan buku siswa hal. 100 -103 melalui google meet, link ada di bahan ajar elearning (pertemuan 18 maret 2021)

BAHASA ARAB MTs KELAS VII SEMESTER GENAP

KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
KETERANGAN
1. Menghargai dan
menghayatiajaran
agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilakujujur,
disiplin, tanggung
jawab, peduli
(toleran, gotong
royong), santun,
percayadiridalam
berinteraksisecara
efektifdengan
lingkungansosial
dan alamdalam
jangkauanpergaulan
dan keberadaannya
3. Memahami dan
menerapkan
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan
prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunyatentangilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budayaterkait
fenomena dan kejadian
tampakmata
4. Mengolah, menyaji, dan
menalardalarnranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan
membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesu.ai
dengan yang dipelajari di
sekolah dan sum ber lain
yang samadalarnsudut
pandang/ teori
 
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR 
1.7 Menerimabahwa
kemampuanberbahasa
merupakananugerah Allah
Swt.
2.7 Menjalankanperilaku
peduli (toleransi, gotong
royong) dalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan alam
dalamjangkauanpergaulan
dan keberadaannya.
3.7 Memahamifungsisosial,
strukturteks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata,
makna dan gramatikal)
daritekssederhana yang
berkaitandengantema:
العنوان
yang melibatkantindak
tuturmemberi dan meminta
informasiterkaitdengan
tempattinggal (lokasi dan nomorrumah) dengan
menggunakan kata tanya
ما – كم
4.7 Mendemonstrasikan
tindaktuturmemberi dan
memintainformasiterkait
dengantempattinggal
(lokasi dan nomorrumah)
denganmenggunakan
kata tanya ما – كم  
baiksecaralisanmaupun
tulisan.
Essensial
1.8 Mengamalkankemampuan
berbahasauntukhal-hal
yang baiksebagaiwujud
syukuratasanugerah Allah
Swt.
2.8 Menjalankanperilakujujur
dalamberkomunikasi
denganlingkungansosial
dan alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3.8 Menganalisisgagasandari
tekssederhana yang
berkaitandengantema:
العنوان
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan
fungsidarisusunan
gramatikal
4.8 Menyajikanhasilanalisis
gagasandariteks
sederhana yang berkaitan
dengantema:
العنوان denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi
darisusunangramatikal
 
1.9Meyakinibahwa Bahasa
Arab merupakan Bahasa
pengantarmernahami
ajaran Islam.
2.9Menjalankanperilaku
santundalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3.9Memahamifungsisosial,
strukturteks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dariteks
sederhana yang berkaitan
dengantema:         
البيت yang melibatkantindak
tuturmemberi dan
memintainformasitentang
rumahdengan
memperhatikansusunan
gramatikal
4.9Mendemonstrasikan
tindaktuturmemberi dan
memintainformasitentang
rumahdengan
memperhatikanbentuk,
makna dan fungsidari
susunangramatikal

baiksecaralisanmaupun
tulisan.
Essensial
1.10Menghayatibahasa Arab
sebagaianugerah Allah
untukmengkajikhazanahkeislaman.
2.10Menjalankanperilaku
disiplindalam
berkomunikasidenganlingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3.10Menerapkankaidah
tentangbentuk, makna
dan fungsidarisusunangramatikal   dalamteksdeskriptif
sederhana yang berkaitan
dengantema: البيت
4.10Menyusun teksdeskriptif
sederhana yang berkaitan
dengantema: البيت denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi
darisusunangramatikal
 
1.11 Menyadaribahwabahasa
Arab merupakananugerah
Allah sebagaialat
komunikasi.
2.11 Menjalankanperilaku
percayadiridalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3.11 Memahamifungsisosial,
strukturteks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dariteks
naratifsederhana yang
berkaitandengantema:
منيوميات الأسرة
yang melibatkantindak
tuturmemberi dan
memintainformasitentang
kegiatansehari-hari
keluargadengan
memperhatikansusunan
gramatikal  
4.11 Mendemonstrasikan
melibatkantindaktutur
memberi dan meminta
informasitentang
kekegiatansehari-hari
keluarga
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan
fungsidarisusunan
gramatikal

baiksecaralisan
maupun tulisan
Essensial
1.12 Menghargaibahwabahasa
Arab adalahbahasa yang
digunakan oleh ulama
terdahulu.
2.12 Menjalankanperilaku
tanggungjawabdalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3.12 Menganalisisgagasandari
teksnaratifsederhana
yang berkaitandengan
tema:
منيوميات الأسرة
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatikal
4.12 Menyajikanhasilanalisis
gagasandariteksnaratif
sederhana yang berkaitan
dengantema:
منيوميات الأسرة
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsidarisusunangramatikal
 
Ungkapankomunikatif:   

KI-KD BAHASA ARAB MTS KELAS VII SEMESTER GANJIL

  • buku bahasa arab kelas 7 disini
  • Materi perkenalan klik disini , Tagihan klik disini
  • Materi : kata sapaan klik disini, tugas menulis percakapan dibuku catatan kumpulkan disini
  • MATERI KELAS 7 DISINI, TUGAS DISINI ( PILIH JAWABAN YANG BENAR, KERJAKAN DI BUKU TULIS TIDAK USAH DI KUMPULKAN)
  • materi dhamir klik disini, disini (27 agustus 2020)
  • Ujian cbt disini (3 september 2020)
  • silahkan siswa yang belum ilut ujian cbt minggu kemarin segera mengikutinya disini disini dan tugas ke 2 mencatat dibuku siswa halaman 37-38 (10 september 2020)
  • kata sifat disini, disini dan catat buku siswa catat hal 38-39 dan hal 47+50 (17 september 2020) buku siswa ada di point pertama
  • Ujian CBT disini (24 september 2020)
  • mengerjakan latihan di buku siswa hal 40-42 (1 oktober 2020) kirimkan jawaban disini
  • latihan bahasa arab disini kirim jawaban disini
  • materi disini (12 nov 2020)
  • materi disini , disini, buka buku halaman 72 atau memprhatikan 2 video berikut dg baik,, kemudian kerjakan latihan halaman 73 – 74 ( latihan 1- latihan 4) (19 nov 2020)

KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
KETERANGAN
1. Menghargai dan
menghayatiajaran
agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilakujujur,
disiplin, tanggung
jawab, peduli
(toleran, gotong
royong), santun,
percayadiridalam
berinteraksisecara
efektifdengan
lingkungansosial
dan alamdalam
jangkauanpergaulan
dan keberadaannya
3. Memahami dan
menerapkan
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan
prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunyatentangilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budayaterkait
fenomena dan kejadian
tampakmata
4. Mengolah, menyaji, dan
menalardalarnranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan
membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesu.ai
dengan yang dipelajari di
sekolah dan sum ber lain
yang samadalarnsudut
pandang/ teori
 
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR 
1.1 Menerimabahwa
kemampuanberbahasa
merupakananugerah
Allah Swt.
2. 1 Menjalankanperilakupedulidalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3. 1 Memahamifungsisosial,strukturteks dan unsurekebahasaan (bunyi, kata,makna dan gramatikal)daritekssederhana yang
berkaitandengantema:
التعارف
yang melibatkantindaktutur
memperkenalkandiri danorang lain, menanyakanasal
negara/ daerahdengan menggunakan kata Tanya
هل- من اين)
4. 1 Mendemonstrasikantindak
tuturmemperkenalkandiri
dan orang lain, menanyakan
asal negara/daerahdengan
menggunakan kata tanya
هل- من اين baiksecaralisanmaupun
tulisan.
Essensial
1. 2 Mengamalkankemampuan
berbahasauntukhal-hal
yang baiksebagaiwujud
syukuratasanugerah
Allah Swt.
2. 2 Menjalankanperilakujujur
dalamberkomunikasi
denganlingkungansosial
dan alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3. 2 Menganalisisgagasandari
tekssederhana yang
berkaitandengantema:
التعارف
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi
darisusunangramatikal المبتداء ( ضمير ) + الخبر
4. 2 Menyajikanhasilanalisis
gagasandaritekssederhana
yang berkaitandengantema:
التعارف
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi
darisusunangramatikal
المبتداء ( ضمير ) + الخبر
 
1. 3 Meyakinibahwa Bahasa
Arab merupakananugerah
Allah SWT sebagai Bahasa
Al Qur’an dan hadits.
2. 3 Menjalankanperilaku
santundalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3.3 Memahamifungsisosial,
strukturteks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata dan
makna) daritekssederhana
yang berkaitandengantema:
المرافقالمدرسية  yang melibatkantindaktutur
menunjukfasilitasumum
yang ada di lingkungan
sekolahdengan
memperhatikansusunan
gramatikal المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان )

4. 3 Mendemonstrasikantindak
tuturmenunjukfasilitas
umum yang ada di
lingkungansekolahdengan
memperhatikansusunan
gramatikal المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان )

baiksecaralisanmaupun
tulisan.
Essensial
1. 4 Menghayatibahasa Arab
sebagaianugerah Allah
untukmengkajikhazanah
keislaman.
2. 4 Menjalankanperilaku
disiplindalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. 4 Menerapkankaidahtentang
bentuk, makna dan fungsi
gramatikal   المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان )
dalamtekssederhana yang
berkaitandengantema:
المرافقالمدرسية
4. .4 Menyusun tekssederhana
yang berkaitandengantema:
المرافقالمدرسية denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi
darisusunangramatikal المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان )  
 
1. 5 Menyadaribahwabahasa
Arab merupakananugerah
Allah sebagaialat
komunikasi.
2. 5 Menjalankanperilaku
percayadiridalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3. 5 Memahamifungsisosial,
strukturteks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata dan
makna) dariteksnaratif
sederhanatentangjenis dan
warna yang berkaitan
dengantema:
الأدواتالمدرسية
yang melibatkantindak
tuturmenunjukperalatan
sekolah
denganmemperhatikan
susunangramatikal
الضمير المتصل
4. 5 Mendemonstrasikantindak
tuturmenunjukperalatan
sekolahdengan
memperhatikanbentuk,
makna dan fungsidari
susunangramatikal
الضمير المتصل
baiksecaralisanmaupun
tulisan.
Essensial
1. 6 Menghargaibahwabahasa
Arab adalahbahasa yang
digunakan oleh ulama
terdahulu.
2.6 Menjalankanperilaku
tanggungjawabdalam
berkomunikasidengan
lingkungansosial dan
alamdalamjangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
3.6 Menganalisisgagasandari
teksnaratifsederhana
tentangjenis dan warna yang
berkaitandengantema:
الأدواتالمدرسية
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi
darisusunangramatika
الضمير المتصل
4.6 Menyajikanhasilanalisis
gagasandariteksnaratif
sederhanatentangjenis dan
warna yang berkaitandengan
tema:
الأدواتالمدرسية
denganmemperhatikan
bentuk, makna dan fungsi
darisusunangramatika الضمير المتصل
 
Ungkapankomunikatif:         

Galeri video MTsN 1 Bandar Lampung klik disini

Galeri video MTsN 1 Bandar Lampung klik disini