- Materi 1 ( 21 januari 2021) : Tulislah kosakata buku siswa bab 4 (unwan) halaman 81-82 fotokan dan kumpulkan (upload) di penilaian pengetahuan tugas ditunggu sd tgl 21 januari 2021 sampai pukul 18.00
- materi kamis 4 februari 2021 disini
- materi kami 11 februari 2021 disini
- materi 17 februari 2021 : tulislah angka dari 11 sd 100 dalam bahasa arab kumpulkan di k3 elearning
- materi 24 februari 2021 : tulislah mufrodat /kosakata tentang rumah dan hafalkan kosakatanya materi disini
- Pembahasan buku siswa hal. 100 -103 melalui google meet, link ada di bahan ajar elearning (pertemuan 18 maret 2021)
BAHASA ARAB MTs KELAS VII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) | KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | KETERANGAN |
1. Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percayadiridalam berinteraksisecara efektifdengan lingkungansosial dan alamdalam jangkauanpergaulan dan keberadaannya | 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunyatentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian tampakmata | 4. Mengolah, menyaji, dan menalardalarnranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesu.ai dengan yang dipelajari di sekolah dan sum ber lain yang samadalarnsudut pandang/ teori | |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | |
1.7 Menerimabahwa kemampuanberbahasa merupakananugerah Allah Swt. | 2.7 Menjalankanperilaku peduli (toleransi, gotong royong) dalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alam dalamjangkauanpergaulan dan keberadaannya. | 3.7 Memahamifungsisosial, strukturteks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, makna dan gramatikal) daritekssederhana yang berkaitandengantema: العنوان yang melibatkantindak tuturmemberi dan meminta informasiterkaitdengan tempattinggal (lokasi dan nomorrumah) dengan menggunakan kata tanya ما – كم | 4.7 Mendemonstrasikan tindaktuturmemberi dan memintainformasiterkait dengantempattinggal (lokasi dan nomorrumah) denganmenggunakan kata tanya ما – كم baiksecaralisanmaupun tulisan. | Essensial |
1.8 Mengamalkankemampuan berbahasauntukhal-hal yang baiksebagaiwujud syukuratasanugerah Allah Swt. | 2.8 Menjalankanperilakujujur dalamberkomunikasi denganlingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3.8 Menganalisisgagasandari tekssederhana yang berkaitandengantema: العنوان denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsidarisusunan gramatikal | 4.8 Menyajikanhasilanalisis gagasandariteks sederhana yang berkaitan dengantema: العنوان denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatikal | |
1.9Meyakinibahwa Bahasa Arab merupakan Bahasa pengantarmernahami ajaran Islam. | 2.9Menjalankanperilaku santundalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3.9Memahamifungsisosial, strukturteks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dariteks sederhana yang berkaitan dengantema: البيت yang melibatkantindak tuturmemberi dan memintainformasitentang rumahdengan memperhatikansusunan gramatikal | 4.9Mendemonstrasikan tindaktuturmemberi dan memintainformasitentang rumahdengan memperhatikanbentuk, makna dan fungsidari susunangramatikal baiksecaralisanmaupun tulisan. | Essensial |
1.10Menghayatibahasa Arab sebagaianugerah Allah untukmengkajikhazanahkeislaman. | 2.10Menjalankanperilaku disiplindalam berkomunikasidenganlingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3.10Menerapkankaidah tentangbentuk, makna dan fungsidarisusunangramatikal dalamteksdeskriptif sederhana yang berkaitan dengantema: البيت | 4.10Menyusun teksdeskriptif sederhana yang berkaitan dengantema: البيت denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatikal | |
1.11 Menyadaribahwabahasa Arab merupakananugerah Allah sebagaialat komunikasi. | 2.11 Menjalankanperilaku percayadiridalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3.11 Memahamifungsisosial, strukturteks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dariteks naratifsederhana yang berkaitandengantema: منيوميات الأسرة yang melibatkantindak tuturmemberi dan memintainformasitentang kegiatansehari-hari keluargadengan memperhatikansusunan gramatikal | 4.11 Mendemonstrasikan melibatkantindaktutur memberi dan meminta informasitentang kekegiatansehari-hari keluarga denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsidarisusunan gramatikal baiksecaralisan maupun tulisan | Essensial |
1.12 Menghargaibahwabahasa Arab adalahbahasa yang digunakan oleh ulama terdahulu. | 2.12 Menjalankanperilaku tanggungjawabdalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3.12 Menganalisisgagasandari teksnaratifsederhana yang berkaitandengan tema: منيوميات الأسرة denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatikal | 4.12 Menyajikanhasilanalisis gagasandariteksnaratif sederhana yang berkaitan dengantema: منيوميات الأسرة denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsidarisusunangramatikal | |
Ungkapankomunikatif: |
KI-KD BAHASA ARAB MTS KELAS VII SEMESTER GANJIL
- buku bahasa arab kelas 7 disini
- Materi perkenalan klik disini , Tagihan klik disini
- Materi : kata sapaan klik disini, tugas menulis percakapan dibuku catatan kumpulkan disini
- MATERI KELAS 7 DISINI, TUGAS DISINI ( PILIH JAWABAN YANG BENAR, KERJAKAN DI BUKU TULIS TIDAK USAH DI KUMPULKAN)
- materi dhamir klik disini, disini (27 agustus 2020)
- Ujian cbt disini (3 september 2020)
- silahkan siswa yang belum ilut ujian cbt minggu kemarin segera mengikutinya disini disini dan tugas ke 2 mencatat dibuku siswa halaman 37-38 (10 september 2020)
- kata sifat disini, disini dan catat buku siswa catat hal 38-39 dan hal 47+50 (17 september 2020) buku siswa ada di point pertama
- Ujian CBT disini (24 september 2020)
- mengerjakan latihan di buku siswa hal 40-42 (1 oktober 2020) kirimkan jawaban disini
- latihan bahasa arab disini kirim jawaban disini
- materi disini (12 nov 2020)
- materi disini , disini, buka buku halaman 72 atau memprhatikan 2 video berikut dg baik,, kemudian kerjakan latihan halaman 73 – 74 ( latihan 1- latihan 4) (19 nov 2020)
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) | KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | KETERANGAN |
1. Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percayadiridalam berinteraksisecara efektifdengan lingkungansosial dan alamdalam jangkauanpergaulan dan keberadaannya | 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunyatentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian tampakmata | 4. Mengolah, menyaji, dan menalardalarnranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesu.ai dengan yang dipelajari di sekolah dan sum ber lain yang samadalarnsudut pandang/ teori | |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | |
1.1 Menerimabahwa kemampuanberbahasa merupakananugerah Allah Swt. | 2. 1 Menjalankanperilakupedulidalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3. 1 Memahamifungsisosial,strukturteks dan unsurekebahasaan (bunyi, kata,makna dan gramatikal)daritekssederhana yang berkaitandengantema: التعارف yang melibatkantindaktutur memperkenalkandiri danorang lain, menanyakanasal negara/ daerahdengan menggunakan kata Tanya هل- من اين) | 4. 1 Mendemonstrasikantindak tuturmemperkenalkandiri dan orang lain, menanyakan asal negara/daerahdengan menggunakan kata tanya هل- من اين baiksecaralisanmaupun tulisan. | Essensial |
1. 2 Mengamalkankemampuan berbahasauntukhal-hal yang baiksebagaiwujud syukuratasanugerah Allah Swt. | 2. 2 Menjalankanperilakujujur dalamberkomunikasi denganlingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3. 2 Menganalisisgagasandari tekssederhana yang berkaitandengantema: التعارف denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatikal المبتداء ( ضمير ) + الخبر | 4. 2 Menyajikanhasilanalisis gagasandaritekssederhana yang berkaitandengantema: التعارف denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatikal المبتداء ( ضمير ) + الخبر | |
1. 3 Meyakinibahwa Bahasa Arab merupakananugerah Allah SWT sebagai Bahasa Al Qur’an dan hadits. | 2. 3 Menjalankanperilaku santundalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3.3 Memahamifungsisosial, strukturteks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) daritekssederhana yang berkaitandengantema: المرافقالمدرسية yang melibatkantindaktutur menunjukfasilitasumum yang ada di lingkungan sekolahdengan memperhatikansusunan gramatikal المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان ) | 4. 3 Mendemonstrasikantindak tuturmenunjukfasilitas umum yang ada di lingkungansekolahdengan memperhatikansusunan gramatikal المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان ) baiksecaralisanmaupun tulisan. | Essensial |
1. 4 Menghayatibahasa Arab sebagaianugerah Allah untukmengkajikhazanah keislaman. | 2. 4 Menjalankanperilaku disiplindalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3. 4 Menerapkankaidahtentang bentuk, makna dan fungsi gramatikal المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان ) dalamtekssederhana yang berkaitandengantema: المرافقالمدرسية | 4. .4 Menyusun tekssederhana yang berkaitandengantema: المرافقالمدرسية denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatikal المبتداء ( إشارة ) + الخبر ( نعت / ظرف المكان ) | |
1. 5 Menyadaribahwabahasa Arab merupakananugerah Allah sebagaialat komunikasi. | 2. 5 Menjalankanperilaku percayadiridalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3. 5 Memahamifungsisosial, strukturteks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dariteksnaratif sederhanatentangjenis dan warna yang berkaitan dengantema: الأدواتالمدرسية yang melibatkantindak tuturmenunjukperalatan sekolah denganmemperhatikan susunangramatikal الضمير المتصل | 4. 5 Mendemonstrasikantindak tuturmenunjukperalatan sekolahdengan memperhatikanbentuk, makna dan fungsidari susunangramatikal الضمير المتصل baiksecaralisanmaupun tulisan. | Essensial |
1. 6 Menghargaibahwabahasa Arab adalahbahasa yang digunakan oleh ulama terdahulu. | 2.6 Menjalankanperilaku tanggungjawabdalam berkomunikasidengan lingkungansosial dan alamdalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 3.6 Menganalisisgagasandari teksnaratifsederhana tentangjenis dan warna yang berkaitandengantema: الأدواتالمدرسية denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatika الضمير المتصل | 4.6 Menyajikanhasilanalisis gagasandariteksnaratif sederhanatentangjenis dan warna yang berkaitandengan tema: الأدواتالمدرسية denganmemperhatikan bentuk, makna dan fungsi darisusunangramatika الضمير المتصل | |
Ungkapankomunikatif: |
Galeri video MTsN 1 Bandar Lampung klik disini
Galeri video MTsN 1 Bandar Lampung klik disini