Pengolahan nilai raport semester ganjil 2020

Penghujung semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021 telah tiba. Genap satu semester pembelajaran daring dilakukan, pelaksanaan penilaian akhir semester daring dengan menggunakan CBT e-learning Madrasah telah selesai. Kini saatnya guru menyerahkan nilai raport sementara sebagai akhir dari pelaksanaan kurikulum darurat pada semester ganjil ini.

Pembelajaran daring adalah suatu keniscayaan, MTsN 1 Bandar Lampung, melalui berbagai kegiatan terus melakukan penguatan terhadap pola-pola pembelajaran daring.

Guru didorong untuk terus mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan peningkatan kompetensi melalui workshop online (webinar) tentang strategi pembelajaran jarak jauh, diskusi dengan teman sejawat dll. Pertemuan rutin terus digelar sebagai wadah untuk berbagi pengalaman (sharing).

Madarasah juga mengadakan identifikasi daya dukung siswa utamanya akses terhadap jaringan internet meliputi kepemilikan gawai, kekuatan sinyal internet dan kuota internet. Juga dilakukan identifikasi minat belajar siswa meliputi aspek kesiapan mental dalam mengikuti pembelajaran daring.

Berdasarkan identifikasi tersebut daya dukung teknis, siswa dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu;

Sangat siap; Memiliki gawai yang sesuai, memiliki akses sinyal internet sangat baik, memiliki kuota yang cukup/jaringan wifi

Siap; Memilik gawai yang sesuai tetapi harus berbagi dengan orang tua atau anggota keluarga lain, memiliki akses sinyal internet baik,

Kurang Siap; Memiliki gawai tetapi kurang memadai, akses internet kurang baik, kuota terbatas.

Selain itu secara motivasi siswa juga terbagi menjadi 3 kategori, yaitu;

Sangat siap; memiliki motivasi yang tinggi

Siap; memiliki motivasi sedang

Kurang siap; memiliki motivasi rendah

Dukungan orang tua juga sangat dibutuhkan selama kegiatan pembelajaran daring, orang tua diharapkan terus aktif mendampingi siswa dan berkomunikasi intens dengan pihak sekolah dan guru. Diperlukan kesepakatan bersama orang tua dan madrasah/sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran yang didokumentasikan dalam suatu Nota Kesepahaman (memorandum of understanding).

Selanjutnya siswa dengan kondisi sangat siap selain berinteraksi dengan guru melalui e-learning madrasah, juga dapat melakukan kegiatan pembelajaran melalui interaksi live (via video conference), memproduksi video yang menggambarkan pengalaman belajarnya, memposting video tersebut pada channel youtube masing-masing juga berkolaborasi memanfaatkan berbagai applikasi game pembelajaran seperti Kahoot!, Quiziz dll.

Siswa dengan kondisi siap berinteraksi dengan guru melalui e-learning madrasah, juga dapat melakukan kegiatan pembelajaran melalui interaksi live (via video conference), memproduksi video yang menggambarkan pengalaman belajarnya, memposting video tersebut pada channel youtube masing-masing juga berkolaborasi memanfaatkan berbagai aplikasi game pembelajaran seperti Kahoot!, Quiziz dll, dengan frekuensi yang lebih rendah.

Siswa dengan kondisi siap berinteraksi dengan guru melalui e-learning madrasah, juga dapat melakukan kegiatan pembelajaran melalui interaksi live (via video conference), memproduksi video yang menggambarkan pengalaman belajarnya, memposting video tersebut pada channel youtube masing-masing juga berkolaborasi memanfaatkan berbagai aplikasi game pembelajaran seperti Kahoot!, Quiziz dll, dengan frekuensi yang lebih rendah lagi.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung telah menerbitkan surat keputusan yang diikuti dengan petunjuk teknis pengolahan nilai raport semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021. Guru mapel mengisi borang pengolahan nilai yang meliputi komponen rata-rata nilai tugas dan UH, rata-rata nilai MID dan Semester. Rata-rata nilai tugas memiliki bobot 70% sedangkan rata-rata nilai MID dan semester memiliki bobot 30%.

Tim teknis bidang kurikulum mempersiapkan google form yang digunakan untuk menampung nilai dari guru-guru mata pelajaran untuk selanjutnya dihimpun (dijadikan leger), diverifikasi oleh wali kelas dan diprint (PDF) disampaikan kepada orangtua/wali siswa secara daring atau luring.

Raport ini masih bersifat sementara karena belum semua komponen tugas dan penilaian yang diberikan secara daring melalui e-learning madrasah dikerjakan oleh siswa. Setelah tanggal pembagian raport (18 Desember 2020) siswa kembali memiliki kesempatan untuk memperbaiki nilai untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Berikut adalah link google form setiap rombongan belajar;

NoRombongan BelajarLink Google Form
17Ahttps://forms.gle/DSnYnsJnjmRv3mPNA
27Bhttps://forms.gle/3fgL9LbVzWkYH5DG6
37Chttps://forms.gle/GkMpospgUBggnUZDA
47Dhttps://forms.gle/JwGJmM9yAAGgtLd48
57Ehttps://forms.gle/db1PoKkRdZhJr6Wo6
67Fhttps://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSd8VmbL6rVKW1Rpt2wACRLeNvRTGu1QY_tApnhF4mrmIN8qdw/viewform?usp=sf_link
77Ghttps://forms.gle/gdJW4h5eKyA34tnN6
87Hhttps://forms.gle/FZTMQrLA2iKR5a6s7
97Ihttps://forms.gle/faoYEUJQbrUJMrWg9
107Jhttps://forms.gle/pDPzVGmZaHRYi7BGA
117Khttps://forms.gle/BxDEdhmzYvSU6odd7
127Lhttps://forms.gle/uUU33upk3Kh6ZWHG6
138Ahttps://forms.gle/8SRVCzr26W93tRmE6
148Bhttps://forms.gle/nHv48GtXeBEHXaYcA
158Chttps://forms.gle/xvmuKk4sHNdXTBei6
168Dhttps://forms.gle/y9HBSsozYKf3chNn8
178Ehttps://forms.gle/6pbkyiyKjk5nTawF6
188Fhttps://forms.gle/wEmkc4sF9sH3BL1m6
198Ghttps://forms.gle/kcSxR5avsg2JBjTUA
208Hhttps://forms.gle/765oogoQPDgKAg2w8
218Ihttps://forms.gle/Rf6CvVeYxtE8i9tUA
229Ahttps://forms.gle/4EXDBw4ohqJsuq1s9
239Bhttps://forms.gle/E9bTuKSP3VsbMKpx6
249Chttps://forms.gle/W5PnRNeyJnt2AeYy6
259Dhttps://forms.gle/BCokc6sVWTNp7oRJA
269E
279F
289G
299H