Aktivitas Positif di Saat Piket

MTs Negeri 1 Bandar Lampung, Rabu, 10 Februari 2021

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, membuat dunia pendidikan khususnya dalam hal ini MTs Negeri 1 Bandar Lampung harus cerdas dalam menyikapi permasalahan yang muncul di masyarakat. Permasalahan yang paling sering muncul terutama dalam hal pemberian tugas terhadap siswa. Oleh sebab itu kepala MTs Negeri 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim, S. Pd., M. M. dengan para wakilnya membuat jadwal piket bagi guru. Sehingga pekerjaan baik yang di rumah maupun di sekolah tetap dapat terlaksana dengan baik.

Kepala MTs Negeri 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim, S. Pd., M. M. menghimbau kepada seluruh dewan guru MTs Negeri 1 Bandar Lampung untuk tetap bertugas terutama pada jam piket yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Hal ini bertujuan untuk menjaga nama baik guru, sebagai pendidik. Karena menurut kasus yang beredar di masyarakat bahwa di masa pandemi seperti sekarang ini guru merupakan objek yang paling diuntungkan sedangkan anak-anak mereka sebagai siswa merupakan objek yang paling dirugikan. Guru hanya santai-santai saja di rumah tetapi tiap bulan tetap menerima gaji. Padahal secara riilnya guru juga harus bekerja keras memutar otak untuk dapat memberikan materi pelajaran kepada siswa sehingga materi tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Pembelajaran online yang dilaksanakan seperti saat ini menuntut guru maupun siswa untuk dapat menguasai teknologi dengan baik. Seperti penggunaan laptop, menggunakan hp android serta aplikasi-aplikasi yang ada d hp tersebut. Ternyata dengan pembelajaran online memberikan manfaat bagi guru dalam hal pemberian materi pelajaran. guru dapat membuat pembelajaran lebih bervariasi, dan lebih menarik dengan memanfaatkan aplikasi yang ada pada hp android. Sedangkan bagi siswa, hp tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan untuk bermain game online tapi pada masa sekarang hp digunakan sebagai sarana untuk mengerjakan tugas dan mengirimkan tugas yang diberikan oleh guru.

Di sela-sela waktu piket, guru dapat memanfaatkan waktunya untuk membuat bahan ajar, mengoreksi hasil tugas siswa, dan saling bertukar pikiran antar guru mengenai pembelajaran menggunakan aplikasi E – Learning. Mereka memanfatkan fasilitas wifi yang dimiliki madrasah hijau MTs Negeri 1 Bandar Lampung untuk mencari bahan-bahan ajar sebagai penunjang guru dalam memberikan tugas.

Menanggapi hal itu, Kepala MTs Negeri 1 Bandar lampung, H. Lukman Hakim, S. Pd., M. M. mengaku mendukung aktivitas guru di sela-sela waktu piket. Semoga dengan kondisi ini, guru dapat mengambil hikmahnya dengan lebih menguasai teknologi dalam meningkatkan mutu pembelajaran guna menciptakan guru-guru yang terampil dan profesional dalam melaksanakan tugasnya, tutur Kamad.

Salam sehat dan salam bahagia, serta tetap selalu menjaga protokol kesehatan 5M. MTs Negeri 1 Bandar Lampung, Madrasahnya para Juara.