Myres dan Kegiatan Ekstrakurikuler (OSIS) Tetap Berjalan di Masa Pandemi

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung adalah sekolah lanjutan tingkat pertama yang berciri khas agama Islam dibawah naungan Kementrian Agama. Di bawah kepemimpinan bapak H. LUKMAN HAKIM, S.Pd, MM, dengan jargonnya MTsN 1 Bandar Lampung madrasahnya para juara, baik juara di bidang akademik maupun juara di bidang non akademik.

Untuk mewujudkan madrasah juara di bidang akademik, kepala madrasah membentuk tim “MYRES” yaitu suatu wadah untuk menggali potensi-potensi yang ada pada siswa yang kemudian diberikan bimbingan secara khusus di luar jam pelajaran. Bimbingan diadakan secara kontinu oleh masing-masing guru pembimbing, sehingga siswa di harapkan mempunyai keunggulan di bidangnya masing-masing, sehingga siap bersaing dalam event-event perlombaan. Pelaksanaan bimbingan ada yang di berikan secara online dan ada pula yang melalui tatap muka yang tentunya dengan mengikuti protokol yang telah di tetapkan, yaitu dengan mencuci tangan, memakai masker maupun menjaga jarak sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan, dan bimbingan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah d buat sesuai dengan protokol kesehatan. Adapun tahapan-tahapan yang di lakukan tim myres agar siswa dapat masuk kedalam anggota myres adalah :

1. Menyeleksi siswa melalui nilai raport sesuai dengan potensi yang ada pada siswa. 

2. Mengikuti tes kemampuan akademik sesuai dengan potensi yang ada pada siswa, apabila lulus      maka siswa tersebut  dapat menjadi anggota myres.

Dalam bidang non akademik, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung juga mencari potensi-potensi yang ada pada siswa,  melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti OSIS, ROHIS, PMR,PRAMUKA, SENI, DRUMBAND, MADING  dan lain-lain. Namun pada saat pandemi kegiatan ekstrakurikuler tersebut tidak d laksanakan secara tatap muka sesuai dengan anjuran pemerintah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak berkerumun,  kegiatan ekstrakurikuler OSIS misalnya tetap dijalankan walaupun melalui virtual. Peran serta OSIS dimasa pandemi ini adalah sebagai panitia Masa Pengenalan lingkungan Sekolah (MPLS) yang di laksanakan secara online, kegiatan ini tetap berlangsung walaupun di masa pandemi. Kemudian pada  hari kamis, tanggal 28 Januari 2021, diadakan pelantikan kepengurusan OSIS TP 2020/2021 secara virtual. Kegiatan ini dilaksanakan  mengingat kepengurusan OSIS untuk TP 2019/2020 sudah berakhir masa kerjanya dan harus di ganti dengan kepengurusan yang baru. Jadi walaupun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, alhamdulillah kegiatan ekstrakurikulerpun dapat berjalan.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung sedang melantik pengurus OSIS TP. 2020/2021
Virtual Pelantikan OSIS TP. 2020/2021

Organisasi Siswa Intra Sekolah (0SIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat  sekolah di Indonesia, yang dimulai dari sekolah menengah, yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Adapun tujuan OSIS adalah : Untuk memaksimalkan potensi siswa, sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri  juga sekolah, serta melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan berorganisasi.

Manfaat dan pentingnya mengikuti OSIS dan kegiatannya :

  1.  Melatih kemampuan siswa dalam berorganisasi.
  2.  Melatih kemapuan manajemen dan leadership.
  3. Melatih kemampuan siswa berbicara dan berwacana.
  4. Melatih kepekaan sosial dan kerjasama.
  5. Meningkatkan prestasi akademis dan ekskul.
  6. Sebagai wadah berkarya meningkatkan kemampuan inovatif dan kreatif.
  7. Melatih rasa tanggung jawab.

Sebagai jalur dari pembinaan kesiswaan, fungsi OSIS adalah :

  1. Sebagai wadah kegiatan bagi siswa di sekolah dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya tujuan pembinaan kesiswaan.
  2. Sebagai motivator lahirnya keinginan dan semangat para siswauntuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

Myres dan kegiatan ekstra ( OSIS ) dalam masa pandemi masih tetap berjalan  dan dilaksanakan semaksimal mungkin guna terwujudnya “MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG, MADRASAHNYA PARA JUARA”.