BONGKAR PASANG KURIKULUM

Bandar Lampung, 16 Februari 2021

Pembelajaran di setiap sekolah tidak terlepas dari kurikulum. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Jadi, kurikulum merupakan acuan guru sebagai pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran yang mereka ampu.

Kurikulum yang digunakan di masa pandemi seperti sekarang ini masih membingungkan para pendidik. Pasalnya ada beberapa guru di MTs Negeri 1 Bandar Lampung yang mengalami dilema dalam menggunakan kurikulum, apakah masih menggunakan kurikulum 2013 (kurtilas) atau menggunakan kurikulum darurat. Sebut saja contoh Pusporini, S. Pd. Saya mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII dan kelas VIII. Beberapa waktu lalu saya tergabung dalam grup MGMP guru bidang study Bahasa Indonesia. Pada saat itu ada salah satu anggota grup yang membagikan modul pembelajaran jarak jauh (PJJ) Bahasa Indonesia mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Karena saya mengampu kelas VII otomatis saya tertarik untuk mempelajari modul Bahasa Indonesia kelas VII. Ternyata saya melihat ada materi pelajaran yang terdapat di semester 1 muncul lagi di semester 2. Setelah saya konfirmasi ke Bpk yang membagikan modul tersebut beliau menjawab beliau beracuan dari kurikulum darurat. Hal serupa dialami oleh Bu Sri Hartini guru IPA di MTs Nageri 1 Bandar Lampung. Bu Sri juga mengalami kejadian yang sama. Dari pengalaman tersebut, kita sebagai guru menjadi bingung mesti menggunakan kurikulum yang mana, kurtilas kah? Atau kurikulum darurat yang sekarang sedang beredar. Hal ini membuat kami sebagai pendidik merasa galau atau bimbang dalam menentukan materi yang akan disampaikan ke peserta didik.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi kesimpangsiuran yang terjadi di lapangan mengenai penggunaan kurikulum dalam penyampaian materi kepada peserta didik perlu diadakan sosialisasi mengenai kurikulum yang diberlakukan.

Semoga pemerintah khususnya bagian yang menangani masalah kurikulum segera mengambil tindakan tepat dalam mengatasi dilema yang sedang terjadi di dunia pendidikan.

Semoga dunia pendidikan di Indonesia segera membaik. Dan dapat berjalan normal kembali. Salam sehat, dan salam bahagia untuk kita semua. Dan tetap mematuhi protokol kesehatan 5M. MTs Negeri 1 Bandar Lampung. MTs nya para juara.