SI UNGU YANG BERMUTU

MTs Negeri 1 Bandar Lampung (Sabtu, 13 Maret 2021) – Jagung??? Siapa yang tidak mengenal jagung. Jagung atau nama latinnya zea mays adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk amerika tengah dan selatanbulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk afrika dan beberapa daerah di indonesia.

Jagung yang biasa kita lihat umumnya berwarna kuning. Namun, berkat tangan terampil seorang dosen dari Universitas Brawijaya ( unbraw) sekaligus ketua dari maize research center (mrc), Arifin Noor Sugiharto berhasil menciptakan jagung jenis baru dengan warna ungu. Awalnya Arifin Noor Sugiharto ingin membuat varietas baru bawang merah namun gagal. Arifin Noor Sugiharto tak patah arang. Dia banting setir dengan menekuni jagung. Hasilnya, setelah enam tahun meneliti, dia menciptakan jenis jagung dengan warna ungu. Dia juga berhasil menciptakan lebih dari 500 calon varietas jagung.

Alumni Kysuhu University Jepang ini berhasil menciptakan jagung ungu yang sekarang sedang menjadi perhatian khusus. Jagung warna ungu secara total yang dia ciptakan dan dikembangkan ini, satu-satunya jagung pertama di indonesia yang memiliki warna ungu total. ā€dulu saya pernah menemukan untuk jagung ungu. Namun hanya satu bintil saja, tidak total. Bibitnya saja didapatkan dari luar negeri,ā€ terang bapak lima anak ini.

Apakah anda pernah melihat jagung ungu? Memang jagung ungu ini adalah salah satu jenis varietas jagung yang masih belum populer di indonesia. Jagung jenis ini diketahui banyak dikembangkan di Amerika Selatan khususnya di Pegunungan Andes. Biji jagung yang berwarna ungu telah dimanfaatkan oleh penduduk lokal sebagai bahan pewarna makanan serta minuman. Selain dapat digunakan sebagai pewarna makanan, ternyata jagung ungu juga digunakan sebagai obat alami. Warna ungu yang terdapat pada bulir jagung ungu mengandung Antosianin. Nah, apa itu Antosianin??? Antosianin adalah salah satu jenis flavonoid, sub-kelompok dari grup besar senyawa polifenol dalam tumbuhan. Antosianin menjadi pigmen yang memberikan warna merah, ungu, dan biru cerah pada buah-buahan. Antosianin bersifat anti-oksidan di dalam tubuh untuk mencegah, terjadinya penyakit penyumbatan pembulu darah. Antosianin bekerja dengan mengoksidasi lemak jahat pada tubuh.

Dari beberapa literasi disebutkan, banyak manfaat yang terkandung dalam jagung ungu dari antosianin untuk melindungi lambung dari kerusakan, meningkatkan ketajaman penglihatan, menghambat sel tumor, dan juga berfungsi sebagai senyawa anti- inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan. Beberapa studi juga telah melakukan uji labolatorium, menyebutkan bahwa jagung ungu dapat mencegah obesitas, karena kandungan Karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan energi anda, tanpa menambah berat badan anda. Oleh karena itu jagung sangat bagus untuk Anda yang sedang diet. Selain itu manfaat jagung ungu juga dapat meningkatkan kemampuan otak, serta menangkal radiasi bebas dalam tubuh.

Begitu banyak manfaat yang dihasilkan oleh jagung ungu untuk kesehatan. Hanya saja masih belum banyak yang bisa membudidayakan jagung ungu di Indonesia, otomatis tanaman yang satu ini tidak mudah untuk ditemukan.

Semoga seiring dengan perkembangan teknologi khususnya teknologi di bidang pertanian, akan muncul Arifin-Arifin yang mampu mengembangbiakan jagung ungu hingga ke penjuru Indonesia. Sehingga kita dapat dengan mudah memperoleh jagung ungu, dan mengonsumsi jagung ungu untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dan salam bahagia. Tetap patuhi protokol kesehatan (PROKES) 5M.