PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI

Oleh : Sri Hidayati

Setahun sudah wabah pandemi melanda Indonesia, namun pembelajaran tetap dilaksanakan walaupun proses pembelajaran dilakukan dari rumah. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, pembelajaran adalah suatu proses untuk  membantu  peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung, sebagai lembaga pendidikan formal juga melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi ini. Melalui pembelajaran jarak jauh (online) para pendidik di tuntut untuk menguasai ilmu teknologi sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Materi pembelajaran dapat disajikan baik berupa link youtube, bahan ajar berupa video atau powerpoint yang di sajikan melalui e-learning madrasah, google meet, zoom dan lain-lain.

Adapun tahapan-tahapan yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah :

  • Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, agar dapat melaksanakan pembelajaran secara profesional.
  • Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
  • Menentukan urutan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.
  • Mengadakan penilaian diakhir pembelajaran.

Penilaian adalah proses untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja peserta didik. Hasil penilaian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap ketuntasan belajar peserta didik dan efektifitas proses pembelajaran. Sedangkan tujuan penilaian adalah untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kesesuaian hasil belajar peserta didik dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sudah ditetapkan.

Serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran  tetap dilaksanakan, seperti penilaian ulangan harian, penilaian akhir semester dan lain-lain. Bagi kelas 9 PAS (Penilaian Akhir Semester) baru selesai dilaksanakan, kegiatan penilaian tersebut dilaksanakan sejak tanggal 8 Maret 2021 sampai taggal 13 Maret 2021 melalui program ARD (Aplikasi Raport Digital).

Selain pembelajaran yang dilakukan dari rumah, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 melalui wadah MYRES tetap memberikan bimbingan kepada peserta didik di sekolah yang tentunya mengikuti protokol kesehatan. Salah satu bimbingan yang diberikan bagi peserta didik saat ini adalah persiapan mengikuti perlombaan sonic Linguistik yang diselenggarakan oleh MAN Insan Cendikia Serpong, dengan tema Euforia-Memoria. Beberapa cabang perlombaan mulai diadakan bimbingan dan pembinaan dari masing-masing pembimbing, sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan, sehingga tidak terjadi kerumunan di sekolah. Dengan motivasi dan semangat yang tinggi baik dari peserta didik maupun dari pembimbing, diharapkan dapat meraih prestasi yang akan menghantarkan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung, “MADRASAHNYA PARA JUARA”

Bimbingan Lomba

Pembelajaran online pada masa pandemi untuk saat ini bisa jadi dirasa efektif, karena adanya keterbatasan untuk bertatap muka secara langsung dalam proses belajar mengajar, tetapi tidak menutup kemungkinan demi tercapainya hasil dari proses belajar mengajar, baik bagi pendidik maupun peserta didik melaksanakan kegiatan proses pelaksanaan pembelajaran tsb, jika tidak terjangkau melalui sistem online dapat dilakukan secara manual atau tatap muka yang tidak mengesampingkan atau melanggar ketentuan pemerintah serta mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.