MARHABAN YA RAMADHAN

Oleh : Sri Hidayati, S.Ag.

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Dalam bulan ini umat Islam di seluruh penjuru dunia melaksanakan ibadah Puasa. Bulan Ramadhan sangat di nanti-nanti oleh umat Islam, karna dalam bulan ini Allah SWT akan melipat gandakan pahala, dikabulkannya doa-doa yang kita panjatkan, diampuni dosa-dosa yang kita perbuat, dibukakannya pintu syurga dan ditutupnya pintu neraka, turunnya rahmah serta keberkahan Allah SWT. Rasululloh SAW bersabda yang artinya : ” Seandainya umatku mengetahui (semua) keistimewaan bulan Ramadhan, niscaya mereka mengharap agar semua bulan menjadi bulan Ramadhan.

Adapun keistimewaan bulan Ramadhan antara lain :

1.Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an, dalam surat Al-Baqaroh ayat 185 Allah SWT berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا

يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya :(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.(QS. Al-Baqarah ayat 185).

Al Qur’an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan (6 Agustus 610 M) secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.

2. Diampuni segala dosa dan kesalahan, Rasululloh SAW bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala ( dari Allah), niscaya akan diampuni dosa- dosanya yg telah lalu.

3. Terdapat malam Lailatul Qadar.Firman Allah dalam surat AL-qadar ayat 1 sampai ayat 3 yang berbunyi :

إِنَّآ أَنزَلْنَـٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ(١) وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ(٢) لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ(٣)

Artinya : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?.Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (Q.S. Al-Qadr : 1-3)

4. Dibukanya pintu syurga dan ditutupnya pintu neraka.Rasululloh SAW bersabda : Apabila Ramadhan datang, maka pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaitan-syaitan di belenggu.

5. Meningkatkan sabar ketaqwaan kepada Allah SWT.

6. Mendapat pahala yang berlipat ganda.

7. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, oleh karena itu hendaknya kita memperbanyak ibadah dan amalan pada bulan Ramadhan ini. Berikut ini beberapa amalan yang baik dikerjakan pada bulan Ramadhan antara lain:

  1. Tadarus Al Qur’an dan menghatamkannya.
  2. Bersodaqoh.
  3. Memberi makan pada orang yang berbuka puasa. Rasululloh SAW bersabda : barang siapa yang memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang itu. (HR. Tirmidzi).
  4. Memperbanyak doa.

Doa di penghujung bulan sya’ban

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban . Sampaikanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Marhaban ya Ramadhan 1442H/2021M, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, sehingga kita dapat melaksanaka ibadah di bulan suci Ramadhan ini dengan khusu’ dan ibadah yang kita jalankan di bulan Ramadhan ini akan diterima oleh Allah SWT. Semoga ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini akan lebih baik dari Ramadhan sebelumnya.

Aamiin Ya Robbal Alamin.