MTsN 1 Bandar Lampung; Gelar Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)

Assalamualaikum Wr Wb…..

Tabik pun….

MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – Salah satu program MTsN 1 Bandar Lampung adalah menyelenggarakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Acara ini akan digelar di MTsN 1 Bandar Lampung pada tanggal 13-14 Agustus 2022.

Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Drs. H. M Iqbal, telah menerbitkan Surat Tugas tentang pelaksanaan Mabit ini. Ketua Program Unggulan Muhaimin Muhammad, MA telah menggelar rapat kecil untuk mempersiapkan acara. Hasil rapat ini dituangkan dalam proposal kegiatan untuk disampaikan kepada kepala madrasah.

Guna mengingatkan peserta, panitia telah mempersiapkan twibbon yang dapat diakses melalui link twb.nz/mtsn1bandarlampungmabit2022 dan mengirimkannya melalui link https://forms.gle/SaTDq8LFKfLVrFBFA

Peserta hadir di MTsN 1 Bandar Lampung, pada pukul 15:00 WIB, selanjutnya melakukan registrasi di meja penerimaan peserta. Siswa diberi tanda pengenal, kemudian menuju kamar/kelas yang telah ditentukan. Setelah meletakkan tas, mereka menuju ke aula untuk menunaikan sholat Ashar berjamaah.

Usai shalat berjamaah dilanjutkan dengan materi motivasi belajar, materi ini meliputi materi belajar keagamaan yang disampaikan oleh Ust. Sapar. Selanjutkan materi motivasi belajar bahasa arab yang disampaikan oleh Ust Muhaimin Muhammad, MA, dilanjutkan degan materi motivasi belajar Matematika disampaikan oleh Ibu Anita Matlian, S.Pd. Berikutnya adalah materi motivasi belajar Sains yang disampaikan oleh Ibu Rosida, M.Pd. dan materi motivasi belajar Bahasa Inggris, disampaikan oleh Ibu Hamidah Fuadi, S.Pd, MM.Pd.

Pukul 17.45, kegiatan istirahat, siswa ke kamar masing-masing. Pada Pukul 18.00 Siswa kembali ke Aula guna mempersiapkan diri mengikuti shalat magrib berjamaah, dzikir dan membaca al-qur’an hingga pukul 19:00 WIB.

Peserta mendapatkan waktu rehat selama 20 menit untuk menikmati santap malam, pukul 19:20 Wib, mereka kembali ke aula untuk melaksanakan shalat Isya berjamaah yang diimami oleh Ust. Drs. Hi. Herman Edy, dilanjutkan dengan dzikir dan do’a.

Agenda berikutnya adalah tausiyah yang disampaikan oleh Ust. Hi. Herman Edy hingga pukul 20:30 Wib, selanjutnya adalah sambutan kepala MTsN 1 Bandar Lampung, sekaligus memberikan materi hingga pukul 22:00.

Pukul 3:30 WIB peserta dibangunkan untuk melaksanakan shalat malam (tahajud) dengan imam Ust. Ahfa, dilanjutkan dengan shalat shubuh yang diimami oleh Ust. Muhaimin Muhammad, MA, berikutnya adalah tilawah bersama ust. Ahfa.

Berikutnya peserta mengikuti Tausiyah disampaikan oleh Ust. Sahid. hingga pukul 6:15 WIB.

Kegiatan berikutnya adalah olahraga yaitu jalan kaki dari gerbang madrasah menuju jalan Way Semangka, Jalan Ir. Juanda, jalan Dr. Susilo dan kembali ke Madrasah melalui jalan KH. Ahmad Dahlan. Setelah berjalan kaki, juga dilakukan senam pagi di aula.

Setelah dilakukan kegiatan pendinginan, peserta menikmati sarapan pagi bersama, dilanjutkan dengan berkemas-kemas dan membersihkan kamar peserta, serta upacara penutupan. Acara penutupan dipandu oleh Ibu Tunah, SE dengan rangkaian acara pembukaan, laporan ketua panitia, kata penutup dan doa.

Laporan ketua panitia disampaikan langsung oleh Bapak Muhaimin Muhammad, MA., sedangkan sambutan sekaligus menutup acara disampaikan oleh Bapak Drs. Agus Widiyanto, M.Pd.I. dan Do’a dipantu oleh Ust. Sapar.

Kehadiran siswa dicek satu persatu oleh wali kelas masing-masing, yaitu Ibu Hamidah Fuadi, Ibu Pusporini dan Ibu Dwi Romdona.

Panitia meminta peserta mengisi google form untuk mengevaluasi kegiatan ini melalui link berikut

https://forms.gle/SaTDq8LFKfLVrFBFA