MTsN 1 Bandar Lampung; Sejumlah Civitas Akademika Ikuti Talkshow Halal Food

Sejumlah civitas akademika MTsN 1 Bandar Lampung mengikuti kegiatan talkshow halal food yang diselenggarakan oleh BSI bekerja sama dengan Metro TV. Acara dimulai pada pukul 16:30 WIB dan berakhir pada 17:30 WIB. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari MIN, MTs, MA dan KUA dari Kota Bandar Lampung dan MAN 1 Pringsewu. MAN 1 Pringsewu mendapatkan jadwal mengisi stand Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Lampung. Fathul Bahri, kepala MAN 1 Pringsewu menyampaikan pihaknya menampilkan berbagai produk halal yang ada di lingkungan kerjanya, antara lain kopi, jahe dan produk makanan halal lainnya.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Lampung juga menampilkan karya MAN 2 Bandar Lampung berupa kendaraan konversi BBM ke Listrik. Kendaraan ini berupa VESPA yang dibuah menjadi VESPA Listrik menggunakan AKI atau Batere.

Drs. M. Iqbal didampingi oleh Bapak Tugiyo, Bapak Winarno, Bapak Muhaimin dan Ibu Siti Romlah hadir mendampingi kepala Madrasah. Dalam kegiatan ini MTsN 1 Bandar Lampung mendapatkan kesempatan menampilkan produk halal dan karya siswa pada hari pertama.

Talkshow menghadirkan tiga orang nara sumber antara lain Bapak Kakanwil Kemenag Propinsi Lampung, Puji Raharjo, Bapak Kepala BSI Cabang Lampung, dan Bapak Kepala Biro Produk Halal Kementerian Agama RI.
Acara dipandu oleh reporter Mbak Dian membahas tentang sertifikasi halal food Bapak M. Aqil Irham. Dalam paparannya beliau menyampaikan program 1 juta kuota sertifikasi halal gratis dengan mekanisme pernyataan pelaku usaha (self declare).


Narasumber berikutnya Bapak Puji Raharjo, menjelaskan peran jajaran kementerian agama dalam proses penerbitan sertifikat halal bagi pelaku usaha kecil mikro dan menengah. Beliau menambahkan kementerian agama provinsi lampung berperan aktif dengan menggalakkan program ini di kantin madrasah dan Peguruan Tinggi Islam.


Narasumber berikutnya adalah Kepala BSI, beliau menyampaikan Bank Syariah Indonesia Cabang Lampung mendukung kegiatan sertifikasi halal dengan menyediakan saldo Rp 50.000,- bagi setiap pelaku usaha.


Usai talkshow peserta yang hadir mendapatkan kupon sebanyak 5 lembar @Rp 5.000 dari Bank BSI, kupon tersebut dapat digunakan untuk berbelanja di beberapa stand yang ada, baik stand makanan maupun non makanan.