MTsN1 Bandar Lampung
11 Maret 2020

Boarding Class: Sehari Belajar di Luar Kelas

Program Boarding Class MTsN 1 Bandar Lampung mengadakan kegiatan belajar di luar kelas edisi bulan Maret 2020. Kegiatan 6 bulanan ini merupakan agenda rutin, kegiatan serupa digelar beberapa waktu lalu dengan destinasi MAN 1 Metro lalu dilanjutkan ke Kolam Renang Palm Indah Metro.

Pada hari ini kegiatan digelar di pantai Klara, Padang Cermin, Pesawaran. Acara ini diikuti oleh 120 orang siswa boarding dan didampingi oleh 14 orang dewasa, yaitu ustad boarding dan pengurus 6 orang, ibu dapur 2 orang, kepada Madrasah dan 4 orang wakil kepala Madrasah, kaur TU dan 1 guru.

Peserta berangkan menuju pantai Klara menggunakan 3 buah bus Trans Bandar Lampung. Ibu Dapur, Mbak Harni dan Mak Win, telah bangun pagi menjelang sholat shubuh sarapan untuk anak-anak sudah siap.

Pukul 6.30 WIB, 3 buah bus trans bandar lampung, telah terparkir di depan asrama, sesuai dengan run down yang telah disepakati dan ditetapkan sebelumnya bus sudah harus tiba di Asrama Putra MTsN 1 Bandar Lampung (Boarding Class).

Anak-anak sudah siap di bus masing-masing, tidak meleset dari rencana sebelumnya bus mulai bergerak pada pukul 6.45 Wib, bus berjalan perlahan menyusuri jalan Way Semangka, menuju jalan Dr. Susilo, Jl. Abdi Negara, Jl. wolter monginsidi, jalan Basuki Rahmat, Jl. Pangeran Emir M. Noer, Jl. Saleh Raja Kusuma Yudha, Jl. Morotai, Jl. Zulkarnaen Subing, melintasi pusat pelelangan ikan Lempasing, Tugu Perbatasan Pesawaran, Pasar Hanura, dan Pangkalan Marinir Way Ratay, lalu bus masuk ke pintu gerbang Pantai Klara. Pukul 8.02 rombongan tiba di area pantai klara.

Satu persatu siswa keluar dari bus, lalu menuju ke pondokan untuk meletakkan tas dan berkumpul di playground yang telah ditentukan untuk mengikuti acara pembukaan. Acara pembukaan dipandu oleh dua orang siswa masing-masing menggunakan bahasa Arab dan Inggris, rangkaian acara meliputi pembukaan, pembacaan kalam illahi, dan sambutan-sambutan.

Setelah acara pembukaan agenda pertama adalah lomba tahfiz. Setelah lomba tahfiz adalah lomba yel-yel, dengan urutan siswa kelas 9, kelas 8 dan kelas 7.

Lomba berikutnya adalah lomba cepat tepat berantai dimana siswa harus berlari menuju titik yang telah ditentukan lalu kembali mengelilinginya dua kali dan kembali ke titik start untuk mengambil jawaban soal, dan menempelkan jawaban pada soal yang telah dipasang pada kertas karton.

Lomba ini cukup menguras energi dan pikiran, karena siswa harus berlari sebelum mengambil jawaban soal, dan harus berpikir ketika harus menempelkan jawaban pada soal yang benar.

Pemandangan yang tampak adalah kelucuan ketika siswa mampu dapat berlari dengan cepat namun harus berhenti lama untuk menentukan jawaban yang benar.

Acara berikutnya adalah lomba futsal yang terbagi dalam beberapa sesi, karena ada bebepa klub futsal.

Seluruh peserta mengantri untuk mengambil air wudhu dan menuju area sholat dzuhur yang telah disiapkan. Salah seorang ustad melakukan adzan dhuhur, lalu diikuti dengan shalat sunnah, tak lama berselang iqomah dan shalat dhuhur berjamaah dilakukan dengan dipimpin oleh salah seorang ustadz.

Setelah zikir, dilakukan acara penutupan, dengan rangkaian sambutan dari Kepala Madrasah dan penyerahan hadiah yang dilakukan oleh Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim, S.Pd. MM, Kaur TU, Bapak H. Ghofar dan Waka Bidang Sarana, Bapak Thohiri. Acara ditutup dengan do’a, dilanjutkan dengan makan siang.

Setelah makan siang, peserta menikmati pantai klara, sebagian siswa mandi, ada juga yang mencari kepiting, dan sebagian lagi melanjutkan bermain futsal di playground.

Pantai ini memiliki sarana yang cukup lengkap berupa kamar mandi umumplayground, musholla, dan pondokan.

Tiket masuk sepeda motor sebesar Rp 25.000,-, mobil pribadi Rp 50.000,-