MTsN1 Bandar Lampung
13 Agustus 2020

Menteri Agama, Fachrul Razi, kunjungi Lampung

Menteri Agama Fachrul Razi, turun dari Mobil dinas menteri dengan plat RI 24 lalu berjalan menuju ruang aula, beberapa saat kemudian ia disambut dengan pejabat setempat seraya mengalungkan selendang tapis. Kehadiran beliau disambut dengan iringan musik Marawis persembahan dari MTsN 1 Bandar Lampung.

Dalam sambutannya ia mengatakan Lampung merupakan daerah dengan peserta haji terbanyak di Sumatera. Sehingga wajar saja jika provinsi lampung menjadi embarkasi haji penuh. Namun, hal ini harus melibatkan banyak pihak, utamanya pemerintahan Arab Saudi. Menurutnya, jika pihak Arab Saudi telah membuka izin akses embarkasi haji penuh bisa dilakukan.

Pihaknya mengklaim, asrama haji memiliki daya tampung 945 jemaah dengan 154 kamar di 6 gedung. Asrama haji juga saat ini memiliki 4 aula dengan total kapasitas 1300 orang.

Kemudian, lanjutnya, Bandara Radin Inten II juga kini telah berstatus internasional sehingga memungkinkan untuk melakukan perjalanan langsung. Bahkan, tambahnya, bandara telah melakukan perjalanan umrah langsung menuju Jeddah.

Juanda Naim, Kakanwil Kementerian Agama, mengatakan, “Lampung telah memberangkatkan 7.445 jemaah haji dengan 19 kelompok terbang, jumlah itu sudah memenuhi syarat untuk menaikan status menjadi embarkasi penuh”.