Berita

INDAHNYA BERBAGI DI BULAN RAMADHAN

Oleh : Sri Hidayati, S.Ag.

Tidak terasa umat muslim memasuki hari ke enam belas dalam melaksanakan ibadah puasa. Pada bulan yang penuh maghfirah, bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan yang penuh dengan kemuliaan umat muslim berlomba-lomba dalam beribadah dan dalam berbuat kebajikan, seperti sholat taraweh dan memperbanyak sedekah.

Pengertian sedekah secara umum adalah mengamalkan harta dijalan Allah dengan ihlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridho-NYA sebagai bukti kebenaran iman seseorang. Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.. Dalam Al Qur’an surah Al-Baqarah ayat 245 Allah SWT berfirman yang artinya : ” Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipat gandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu di kembalikan.”(QS Al- Baqarah ayat 245)

Ayat diatas menggambarkan bahwa sedekah memiliki makna mendermakan atau menyisihkan uang dijalan Allah SWT. Memberikan sedekah kepada fakir miskin, kerabat atau orang lain yang dilakukan hanya untuk mengharap Ridha Allah, maka akan mendapat pahala nyang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akherat.

Dalam surat yang lain Allah SWT juga berfirman yang artinya : ” Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang- orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap- tiap butir seratus biji, Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas karunia- Nya lagi maha mengetahui “. (QS Al- Baqarah ayat 261).

Dalam rangka semarak Ramadhan 1442 H, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan pembinanya ibu Tunah, SE menggelar kegiatan ‘ Berbagi untuk Sesama ” Kegiatan ini di mulai dengan menghimpun bantuan baik dari siswa/i maupun dari guru dan karyawan MTsN 1 Bandar Lampung yang mempunyai keluasan rizki di bulan Ramadhan ini , baik berupa uang ataupun sembako. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 23 April 2021 sampai dengan tanggal 30 April 2021. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan, dimana setiap harinya petugas OSIS yang bertugas sesuai dengan jadwal yg sudah dibuat. Petugas OSIS yg bertugas pada kegiatan ini hanya 4 orang dalam sehari sehingga tidak menimbulkan kerumunan, puncak kegiatan berbagi untuk sesama ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2021 kepada siswa/i yang membutuhkan dan tetangga sekitar lingkungan sekolah.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim,SPd, MM, sangat mendukung dan memberikan apresiasi pada kegiatan ini. Pada bulan Ramadhan yang penuh dengan barokah ini kita harus berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan diantaranya adalah memperbanyak sedekah, karna di bulan ini Allah akan melipat gandakan pahala, ujar Kepala Madrasah.

Menurut penuturan ibu Tunah,SE yang disampaikan kepada penulis beberapa waktu yang lalu bahwa kegiatan Berbagi untuk sesama mempunyai tujuan :

  1. Meningkatkan pemahaman agama serta keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT kepada siswa/i MTsN 1 Bandar Lampung.
  2. Membantu meringankan beban kaum duafa yang sangat membutuhkan.
  3. Mempererat tali Ukhuwah Islamiyah diantara kaum muslimin.
  4. Menyemarakkan bulan Ramadhan dengan memperbanyak amal shaleh.

Kegiatan Berbagi untuk Sesama membiasakan kita umat muslim khususnya siswa/i MtsN 1 untuk selalu peduli terhadap sesama dan membiasakan untuk selalu bersedekah , terlebih di bulan Ramadhan ini Allah SWT akan melipat gandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah.

Adapun keutamaan sedekah di bulan Ramadhan ini antara lain adalah :

1.Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Allah SWT berfirman : ” Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak “(QS. AL-Hadid ayat 18).

2. Sedekah akan memberi keberkahan pada harta.

3.Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir.

4.Sedekah menjauhkan diri dari api neraka.Rasullulloh SAW bersabda :” Jauhilah api neraka, walau hanya bersedekah dengan sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah ” (HR. Al-Bukhari ).

5.Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur.

Berikut ini adalah kata-kata bijak indahnya berbagi yang penulis rangkum dari berbagai sumber.

” Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan “.

” Dengan berbagi kamu tidak akan pernah kekurangan,. Dan saat yang tepat untuk berbagi adalah disaat kamu dalam kekurangan”.

“Rahasia dari kebahagiaan adalah dengan banyak berbagi “.

” Bekal mati bukan dengan banyaknya harta yang kita miliki, tapi seberapa banyak kita memberi “.

” Hidup ini bukan saling menyakiti, tetapi saling berbagi ke sesama kita “

” Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur. Dan berbagi adalah salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat-Nya.

Semoga kata-kata bijak ini akan memotivasi bagi kita semua untuk selalu berbagi bagi orang-orang yang membutuhkan.