MANFAAT PAKCOY SI SAWI SENDOK

MTs Negeri 1 Bandar Lampung ( Humas) – Pakcoy atau sawi sendok, merupakan sayuran hijau yang sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia selain kangkung, dan bayam. Sayangnya, tidak banyak yang tahu jika pakcoy memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan penyakit jantung.

Para peneliti percaya, pakcoy sudah dikonsumsi oleh masyarakat Tiongkok kuno sejak ribuan tahun lalu. Sayuran hijau ini juga memiliki banyak nutrisi baik dan rendah kalori.Manfaat pakcoy sangatlah beragam, bahkan bisa dirasakan hampir semua bagian tubuh manusia. Apa saja manfaat pakcoy itu?

Manfaat pakcoy yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Sama seperti kebanyakan sayuran lainnya, pakcoy juga berpotensi mencegah kanker. Sebab, pakcoy mengandung folat yang bisa mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi DNA. Pakcoy juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten, yang merupakan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.Uniknya, pakcoy mengandung selenium, yang bisa membersihkan tubuh dari komponen penyebab kanker. Selain itu, selenium juga bisa mencegah peradangan dan munculnya tumor. Manfaat berikutnya Menjaga kesehatan tulang, Pakcoy mengandung berbagai macam nutrisi dan zat mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mulai dari zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K!Misalnya, fosfor dan kalsium, yang sangat penting untuk memperkuat struktur tulang. Kemudian ada vitamin K yang menjaga kestabilan kalsium di dalam tulang. Menjaga tekanan darah, Manfaat pakcoy selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Tidak heran, pakcoy mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.
Menurut sebuah laporan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi kalium hingga 4.700 miligram per hari, bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi. Menjaga kesehatan jantung, Kandungan kalori dan kolesterol pakcoy sangatlah rendah. Selain itu, pakcoy juga mengandung folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6. Semua kandungannya inilah yang membuat manfaat pakcoy bisa menjaga kesehatan jantung.Sebuah riset membuktikan bahwa vitamin B-6 dan folat bisa mencegah munculnya homosistein. Kelebihan homosistein berisiko menyebabkan kerusakan pembuluh darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Mencegah peradangan dalam tubuh, Kandungan kolin yang dimiliki pakcoy bisa mencegah munculnya peradangan dalam tubuh. Tidak hanya itu, kolin juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak, menjaga pergerakkan otot, hingga meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat. Meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh, Manfaat pakcoy untuk sistem imun tubuh tidak boleh diremehkan. Bayangkan saja, kandungan selenium yang dimiliki pakcoy, bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Menjaga kesehatan kulit, Tanpa kolagen, berbagai masalah kulit akan datang. Untungnya, kandungan vitamin C yang dimiliki pakcoy, bisa mendukung kolagen untuk bekerja lebih baik dalam menjaga kesehatan kulit.Sebab, vitamin C memiliki komponen antioksidan yang bisa menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan asap.Vitamin C juga membuat kolagen lebih efektif, sehingga kemampuannya dalam mencegah kulit keriput pun meningkat. Mencegah penyakit diabetes tipe 2, Beberapa riset menyatakan bahwa Sayuran cruciferous seperti pakcoy bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat pakcoy yang satu ini. Manfaat pakcoy berasal dari kandungan nutrisi ini

Berbagai macam manfaat pakcoy di atas, tentunya didukung oleh kandungan nutrisinya. Sekitar satu cangkir (70 gram) pakcoy, mengandung:

  1. Karbohidrat: 1,5 gram
  2. Lemak: 0,1 gram
  3. Protein: 1,1 gram
  4. Serat: 0,7 gram
  5. Kalori: 9,1

Selain itu, ketahui juga kadar vitamin dan zat mineral pakcoy melalui kandungan nutrisinya. Sekitar 170 g pakcoy, memiliki kadar vitamin dan zat mineral seperti berikut:

  1. Vitamin C: 44,2 gram
  2. Vitamin E: 0,2 miligram
  3. Vitamin K: 57,8 mikrogram
  4. Vitamin B6: 0,3 miligram
  5. Folat: 69,7 mikrogram
  6. Kolin: 20,6 miligram
  7. Kalsium: 158 miligram
  8. Zat besi: 1,8 miligram
  9. Magnesium: 18,7 miligram
  10. Fosfor: 49,3 miligram
  11. Kalium: 631 miligram
  12. Natrium: 57,8 miligram
  13. Zinc: 0,3 miligram
  14. Selenium: 0,7 mikrogram

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin…..Salam sehat, dan Salam Bahagia untuk Kita. MTs Negeri 1 Bandar Lampung, Madrasahnya Para Juara.