MTsN 1 Bandar Lampung, Ikuti Al-Kautsar Science Competition (ASC) 2022

MTsN 1 Bandar Lampung, mengirimkan peserta dalam kegiatan Al-Kautsar Science Competition (ASC) 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Januari 2022. Sebelum berangkat dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Tugiyo, S.Pd.I.

Kegiatan ini awali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair. peserta berasal dari berbagai kabupaten/kota se Propinsi Lampung.

Sebanyak 292 pelajar SMP dan MTs se Provinsi Lampung mengikuti ajang Al Kautsar Science Competition (ASC) ke-26 di Kampus Al Kautsar.

Eko mengatakan, ajang ASC ini merupakan rangkaian kegiatan Milad ke-30 Yayasan Al Kautsar Bandar Lampung yang jatuh pada 16 Januari 2022.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan sekaligus sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit siswa yang berprestasi di bidang matematika, ilmu pengetahuan alam, dan sosial science,” ujar Eko.

Kegiatan lomba meliputi 9 cabang olimpiade yang digelar di ajang ini, yaitu olimpiade matematika, biologi, fisika, kimia, komputer, astronomi, kebumian, geografi, dan ekonomi.

Peserta kegiatan adalah siswa dan siswi SMP dan MTs se Provinsi Lampung sebanyak 292 siswa yang terdiri dari 230 peserta olimpiade dan peserta LCT sebanyak 31 regu.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ASC kali ini disediakan piala, medali, dan uang pembinaan. Serta, bagi yang mendapat juara I, II, dan III olimpiade dan LCT dapat diterima menjadi siswa SMA Al Kautsar tanpa tes.

MTsN 1 Bandar Lampung mengirimkan 18 (delapan belas) peserta dan 3 (tiga) guru pendamping antara lain Ibu Sri Hartini, Ibu Anita Matlian dan Ibu Desi Herawati.

Berikut adalah siswa yang masuk ke babak semifinal;

LCT Tim A (Sulthan Daffa Arrafi (9A), Rayva Shaba Ardian (9B))
LCT Tim B (M. Syarqiy Ghorby (9A), Melodya Ramadani S (8A)
Olimpiade Fisika (Elsa Novembrina (8D))

Olimpiade Kebumian (Auria (8C))
Olimpiade Biologi (Hana Ufaira F (9A)), Meydita (9A)
Olimpiade Geografi (Safina Qisthina (9A))
Olimpiade Kimia (Geanina (8E))

LCT Team A bertanding dibabak penyisihan 1 bertemu dengan team dari SMPN 14 Bandar Lampung, SMPN 2 Kotabumi dan SMP darma bangsa team A. Team kita mendapatkan skor 900, selisih 100 dengan team dari SMPN 14 Bandar Lampung yang melaju ke final. Sedangkan team B bertanding dibabak penyisihan 4 bertemu dengan team dari SMPN 2 Bandar Lampung (2 team) dan team dari MTsN 1 bandar Lampung Team A, Skor yang kita peroleh adalah 700, selisih 300 dengan team SMPN 2 Bandar Lampung A yang melaju ke final.