MTsN 1 Bandar Lampung; Seminar Hasil Penelitian Siswa Tahun Pelajaran 2022-2023

Kegiatan berlangsung di Aula Lt 2 MTsN 1 Bandar Lampung, Acara dibuka oleh Ibu Siti Romlah, diawali dengan pembacaan shalawat fatih. Selanjutnya adalah sambutan Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Bapak Drs. H. M. Iqbal, dalam sambutannya beliau menegaskan kembali bahwa MTsN 1 Bandar Lampung adalah salah satu madrasah yang memiliki program Madrasah Young Research (MYRES). Sehingga memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan peneliti muda.

Acara berikutnya adalah seminar hasil penelitian yang dipandu oleh Ibu Rika Rahmawati, yang dimoderatori oleh Bapak Andre Sofyandi dan pembahas Ibu Dr. Ade Primayanti. Pada seminar ini dipresentasikan 10 judul penelitian sebagai berikut; Pertama, pembimbing Yunia Mertisanfara S.A.N.,M.Si dengan anggota M. Shadewa Nararya Dan M. Hafiz Resistanto Dan Dengan Peneliian yang Berjudul “Fenomena perilaku konsumtif siswa ditinjau dari perspektif status ekonomi orang tua dan uang saku”.

Kedua, pembimbing Siti Zainab yang beranggotakan Cahaya putri yasyfa dan As-syifa saadah irawan dan dengan penelitian yang berjudul ‘Upaya penanggulangan limbah rumah tangga terhadap kelestaria biota laut diperairan ujung bom teluk betung”.

Ketiga, pembimbing Rika Rahmawati yang beranggotakan Febiola Maharani dan Lubna Rayya Azizah Rado dengan penelitian yang berjudul ‘Konsep Transformasi Geometri pada Pembuatan Selendang Tapis Motif Tajuk Berayun”.

Keempat, pembimbing Sinta Septiana yang beranggotakan Adis Syarefa dan Lubna Rafif Bakhitah dengan penelitian yang berjudul ‘penanggulangan dampak negatif media sosial dalam perspektif pi’il pesenggiri’.

Kelima, pembimbing Sri Hartini yang beranggotakan Quaneisha Alma Artanti dan Putri Fatimah Unjungan Sari dengan penelitian yang berjudul Potensi 3 tanaman bumbu dapur (sereh,lengkuas dan jahe) sebagai spray pengusir nyamuk Culex SP

Keenam, pembimbing Susi anita yang beranggotakan M.Nouval Naissla Putra dan Arofi pranomo dengan penelitian yang berjudul “Daur ulang limbah kertas menjadi seni kerajinan pada mata pelajaean prakarya MtsN 1 Bandar Lampung”

Ketujuh, pembimbing Siti Zainab yang beranggotakan Muhammad Faris Syampoetra dan Muhammad Kaisar Kennedy dengan penelitian yang berjudul “Pemanfaatan limbah batang pisang dan serbuk cangkang telur sebagai sumber nutrisi pada tanaman sawi”.

Kedelapan, pembimbing Deta Dwi Puspiza yang beranggotakan Allisya Azkiya Azka dan Amira Eka Fauzana dengan penelitian yang berjudul ”Optimisme Siswa MTsN 1 Bandar Lampung Yang Orangtua Nya Berpisah”

Kesembilan, pembimbing Rosida Sugeng yang beranggotakan Alisha Mahira dan Nabila Al Ghumaisha dengan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pembullyan Nama Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di MTs Negri 1 Bandar Lampung.”

Kesepuluh, pembimbing Andri Sofyandi yang beranggotakan Cahaya Madina dan Jihan Sanpuri Ufairah dengan penelitian yang berjudul ”Reinterpretasi Piil Pesenggiri sebagai falsafah hidup siswa suku lampung di MTsN 1 Bandar Lampung”. Setiap peserta mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan hasil penelitian selama 10 menit, lalu mendapatkan pertanyaan dan komentar dari pembahas, misalnya

1.Apa masalah dalam penelitian kalian?

2.Bagaimana kalian bisa mengetahui masalah dalam penelian kalian?