Berita

MTsN 1 Bandar Lampung; MABIT 2023 part 2

MTsN 1 Bandar Lampung (Humas) – MTsN 1 Bandar Lampung melaksanakan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Kegiatan digelar di Aula MTsN 1 Bandar Lampung pada hari Sabtu-Minggu, 29-30 Juli 2023. 

Mabit sendiri merupakan salah satu sarana tarbiyah (pembelajaran). Mabit berarti bermalam. Kegiatan mabit adalah pembelajaran untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah. Peserta mulai hadir pada pukul 15:00 Wib, menuju ke ruangan yang telah ditetapkan, sebanyak 160 siswa mengikuti kegiatan yang diselenggarakan secara berkala. 

Saat pada ini kegiatan diikuti oleh 5 rombongan belajar, masing-masing rombongan belajar terdiri dari 32 orang siswa. Siswa meletakkan barang bawaan  di ruang masing-masing. Lalu membawa alat tulis dan al-quran ke aula untuk mengikuti shalat Ashar berjamaah yang diimami oleh ust. Sapar.  Usai shalat ashar dilanjutkan dengan zikir petang, dilanjutkan dengan perkenalan dengan pendamping dan panitia dipandu oleh ust. Aris Munandar, berturut panitia memperkenalkan diri antara lain Bapak Ust. Muhaimin, Ibu Anita Matlian, Ibu Tri Asih, Ibu Laksmi dan Ibu Jusmaidar.

Setelah istirahat, peserta kembali ke aula untuk mengikuti shalat magrib, lalu makan malam. Siswa kembali ke aula untuk melaksanakan shalat Isya, dilanjutkan dengan tausiyah keagamaan dan motivasi belajar yang disampaikan oleh Bapak Ust. Firmansyah. Peserta istirahat pada pukul 22:00 Wib. 

Hari kedua Minggu, 30 Juli 2023, peserta dibangunkan pada pukul 03.30 WIB untuk melaksanakan shalat malam, dilanjutkan dengan tilawah selama 30 menit sampai menjelang waktu subuh, peserta melaksanakan shalat subuh berjamaah dan dzikir pagi.  Peserta kembali ke kelas untuk berganti pakaian olahraga, mereka mengenakan pakaian kaos, training dan sepatu. Olahraga yang dilakukan berupa senam Lampung Berjaya dan Maumere. Kegiatan senam bersama berlangsung selama 30 menit. 

Berikutnya adalah acara sesi photo bersama setiap kelas. Masing-masing kelas didampingi oleh wali kelas berpose di depan banner. Panitia seksi konsumsi yang Ibu Desi Herawati, Ibu Heny Kusniawati, Ibu Aguslinawati mengatur siswa untuk duduk saling berhadapan, lalu setiap siswa mendapatkan satu porsi nasi ayam geprek. Setiap porsi harus habis, mereka saling membantu menghabiskan makanan yang tersedia. 


Sarapan pagi berlalu, siswa mencuci tangan dan bersiap-siap mengikuti acara penutupan. Acara penutupan dipandu oleh Ibu Tunah, bertindak selaku ketua pelaksana Bapak Ust. Muhaimin menutup acara mabit secara resmi. Usai acara penutupan siswa kembali ke kelas masing-masing lalu melakukan packing dan berangsur-angsur meninggalkan lokasi acara. (Win)