MTsN 1 Bandar Lampung; Tugiyo ikuti workshop Jurnalistik di MAN 1 Bandar Lampung

Bandaf Lampung, MTsN 1 (Humas) – Workshop Jurnalistik, Membangun Keharmonisan Insan Jurnalistik dan Praktisi Pendidikan tingkat SMP/MTs-SMA/MA Kota Bandar Lampung.

Bapak Tugiyo mengikuti acara dimulai pada pukul 9:38, dihadiri oleh Kabid Humas Polda Lampung, Umi Fadhilah, Kepala Bidang SMK dinas pendidikan provinsi Bandar Lampung, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia, Ketua Garuda Berwarna Nusantara, Johan Syahril, MKKM, Lukman Hakim. Kakanwil Kemenag Provinsi diwakili oleh Bapak Alamsyah.

Acara dimulai pada pukul 9:38, dihadiri oleh Kabid Humas Polda Lampung, Umi Fadhilah, Kepala Bidang SMK dinas pendidikan provinsi Bandar Lampung, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia, Ketua Garuda Berwarna Nusantara, Johan Syahril, MKKM, Lukman Hakim. Kakanwil Kemenag Provinsi diwakili oleh Bapak Alamsyah.

Rangkaian acara meliputi menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, Doa, Sambutan Ketua Pelaksana oleh Bapak Hendrawan. Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, selanjutnya adalah sambutan kepala kantor kementerian agama provinsi Lampung oleh Bapak Alamsyah, sekaligus membuka acara ini secara resmi.

Acara pembukaan ditutup, dilanjutkan dengan foto bersama dan coffee break. Usai istirahat ngopi dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ketua JMSI Provinsi Lampung, tentang kode etik jurnalistik. Acara dipandu oleh Bapak Novriwan.

Hi. Barusman, mantan PNS. Pada tahun 2000 menjadi seorang juru bayar gaji di salah satu SD, di Tanjung bintang, Lampung Selatan. Pada tahun 2004, saat menjadi juru bayar sering didatangi oleh wartawan, salah satu menantunya menyarankan membuat koran. Saat ini beliau menjadi bendaharaJMSI, selama 3 periode.

Ilwadi Perkasa, berita adalah peristiwa yang dilaporkan. Berita dicetak, disiarkan, diceritakan dari mulut ke mulut. Berita mengandung unsur 5W1H. Rajin menulis dan rajin membaca merupakan kunci menulis berita,.

Sahroni, salah satu jurnalis senior di Bandar Lampung. Semula berita disertai ilustrasi menggunakan karikatur. Perkembangan selanjutnya adalah foto melengkapi karya tulis dalam sebuah berita. Saat ini karya foto dapat menjadi karya berita.

Karya foto biasanya disertai dengan caption. Harus berhati-hati saat memposting karya foto karena dapat berpotensi melanggar hukum. Foto essai adalah beberapa karya foto yang disusun untuk menggambarkan peristiwa tertentu.

Bagaimana menghasilkan karya foto yang baik? Harus diawali dengan melihat, berpikir lalu bertindak. Angle, komposisi, moment. Foto tidak boleh menampilkan jenazah, korban kecelakaan atau hal-hal lain yang melanggar norma agama dan sosial.